Analisis Konsumsi Bahan Bakar Pada Kapal Putra Makmur 86

I Made Aditya Nugraha, Muhamad Amril Idrus, Febi Luthfiani, Frengky Yeremias Malelak

Abstract


Pengoperasian kapal dapat berjalan dengan lancar didukung oleh mesin-mesin yang handal dan dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Kapal Putra Makmur 86 merupakan salah satu kapal ikan yang dimiliki oleh PT. Matsyaraja Arnawa Satambhapura dan beroperasi di Nusa Tenggara Timur. Kapal ini mempergunakan bahan bakar solar untuk mendukung kinerja mesin-mesinnya. Pentingnya kebutuhan bahan bakar pada mesin kapal dan masih kurangnya informasi tentang kinerja dari mesin-mesin di kapal tersebut, maka dalam tulisan ini dicoba bertujuan untuk menganalisis penggunaan bahan bakar dan kinerja mesin induk dan generator pada Kapal Putra Makmur 86 selama beroperasi. Metode observasi, wawancara, analisis perhitungan bahan bakar dan uji frekuensi dipergunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil kegiatan operasi selama 32 hari penggunaan bahan bakar pada Kapal Putra Makmur 86 selama beroperasi sangat efektif dan efisien. Penghematan penggunaan bahan bakar solar dapat dicapai sebanyak 5,90% (0,47 Ton). Hal ini dapat dilihat dari perbedaan dari hasil pengamatan secara langsung dan perhitungan konsumsi bahan bakar. Hasil perhitungan didapatkan rata-rata 3,99±1,47, dengan standar error 1,04, dan rentang penggunaan dari 2,95-5,02 Ton. Sedangkan, hasil pengamatan didapatkan rata-rata 3,75±0,35, dengan standar error 0,25, dan rentang penggunaan dari 3,5-4 Ton. Penyebab dari perbedaan ini adalah pengaruh cuaca dan arus yang baik selama beroperasi, rute pelayaran, kondisi mesin yang masih bagus, muatan, dan gaya mengemudi yang baik sehingga menyebabkan konsumsi bahan bakar tidak terlalu banyak dibandingkan dengan hasil perhitungan.

The vessel's operation can run smoothly supported by reliable machines and can run effectively and efficiently. Putra Makmur 86 vessel is one of the fishing vessels owned by PT. Matsyaraja Arnawa Satambhapura and operates in East Nusa Tenggara. This ship uses diesel fuel to support the performance of its engines. The importance of the need for fuel on the ship's engine and the lack of information about the performance of the engines on the ship, so in this paper, an attempt is made to analyze the use of fuel and the performance of the main engine and generator during operation. The methods of observation, interviews, analysis of fuel calculations, and frequency tests were used in this study. Based on the results of operating activities for 32 days, the use of fuel on the Putra Makmur 86 vessel was very effective and efficient. Using diesel fuel can be saved as much as 5.90% (0.47 Tons). This can be seen from the difference between direct observation and calculation of fuel consumption. The calculation results obtained an average of 3.99±1.47, with a standard error of 1.04, and a usage range of 2.95–5.02 Ton. Meanwhile, the observation results got an average of 3.75± 0.35, with a standard error of 0.25, and a range of use from 3.5-4 Ton. The cause of this difference is the influence of good weather and currents during operation, shipping routes, good engine condition, payload, and good driving style so that fuel consumption is not too much compared to the calculation results.


Keywords


generator; konsumsi bahan bakar; mesin induk

Full Text:

PDF

References


Alimuddin, A., & Herudin, H. (2016). Analisa Efisiensi Konsumsi Energi Listrik Pada Kapal Motor Penumpang Nusa Mulia. Setrum : Sistem Kendali-Tenaga-Elektronika-Telekomunikasi-Komputer, 3(1). https://doi.org/10.36055/setrum.v3i1.499

Almuzani, N., Wahyudi, B., & Fachruddin, I. (2020). Analisis Konsumsi Bahan Bakar Kapal Niaga Berdasarkan American Society for Testing Materials the Institute of Petroleum (ASTM-IP). Dinamika Bahari, 1(1). https://doi.org/10.46484/db.v1i1.181

Basir, A., Rukmini, & Unru, A. W. (2022). ANALISIS TERJADINYA BLACKOUT PADA GENERATOR DI KAPAL SPOB. SEA ROYAL 18. Venus, 9(1). https://doi.org/10.48192/vns.v9i1.435

Demeianto, B., Arkan, M. A., Priharanto, Y. E., & Siahaan, J. P. (2021). ANALISA PEMBAGIAN BEBAN PADA INSTALASI LISTRIK TIGA PHASA KAPAL PENANGKAP IKAN STUDI KASUS PADA KM. SUMBER REZEKI. Aurelia Journal, 2(2). https://doi.org/10.15578/aj.v2i2.9901

Desnanjaya, I. G. M. N., Nugraha, I. M. A., & Hadi, S. (2021). Sistem Pendeteksi Keberadaan Nelayan Menggunakan GPS Berbasis Arduino. Jurnal Sumberdaya Akuatik Indopasifik, 5(2). https://doi.org/10.46252/jsai-fpik-unipa.2021.Vol.5.No.2.143

Dwicaksana, M. P., Kumara, I. N. S., Setiawan, I. N., & Nugraha, I. M. A. (2021). REVIEW DAN ANALISIS PERKEMBANGAN PLTS PADA SARANA TRANSPORTASI LAUT. Jurnal RESISTOR (Rekayasa Sistem Komputer), 4(2), 105–118. https://s.id/jurnalresistor

Gonggong, A. (2020). Membangun Kembali Budaya Maritim Indonesia Dengan Strategi Maritim Indonesia. Jurnal Maritim Indonesia, 8(2).

Haryono, H., & Purwanto, P. (2018). PERAWATAN MESIN DIESEL PESAWAT BANTU KAPAL. JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM, 1. https://doi.org/10.33556/jstm.v0i1.189

Hasiah, H., Adnan, A., Musa, L., & Nurdin, A. (2020). ANALISIS KINERJA DIESEL GENERATOR LISTRIK DIKAPAL MT.FORTUNE GLORY XLI. VENUS, 7(14). https://doi.org/10.48192/vns.v7i14.260

Kundori. (2020). Strategi Persiapan Pemeriksaan Annual Survey oleh Surveyor Biro Klasifikasi di Kamar Mesin Kapal. Majalah Ilmiah Gema Maritim, 22(1). https://doi.org/10.37612/gema-maritim.v22i1.49

Mustain, I. (2020). Penurunan Tekanan pada Pompa Air Laut pada Mesin Induk Kapal. Majalah Ilmiah Gema Maritim, 22(1). https://doi.org/10.37612/gema-maritim.v22i1.48

Nugraha, I.M.A. (2020). Penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Sebagai Sumber Energi Pada Kapal Nelayan: Suatu Kajian Literatur. JURNAL SUMBERDAYA AKUATIK INDOPASIFIK, 4(2). https://doi.org/10.46252/jsai-fpik-unipa.2020.vol.4.no.2.76

Nugraha, I. M. A., Rajab, R. A., & Rasdam, R. (2021). Peningkatan Kegiatan Dinas Jaga Mesin pada Pengoperasian Mesin Penggerak Utama pada KM. Hasil Melimpah 18. Jurnal Sumberdaya Akuatik Indopasifik, 5(4). https://doi.org/10.46252/jsai-fpik-unipa.2020.Vol.5.No.4.179

Prayogo, D., Seno, A., & Prabowo, L. A. (2021). Pengaruh Operasional Kapal dan Pengoperasian Generator Terhadap Beban Daya Listrik. Dinamika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 12(2). https://doi.org/10.33772/djitm.v12i2.18275

Ridwan, M., Sijabat, P., Manurung, M. Y., & Nofandri, G. (2020). Analisis Tingginya Suhu Sistem Pendingin Pada Generator Guna Kelancaran Operasional Di Kapal KM. Pulau Layang. Meteor STIP Marunda, 13(2). https://doi.org/10.36101/msm.v13i2.152

Sa’id, S. D. (2011). ANALISIS EFISIENSI PEMAKAINAN BAHAN BAKAR MESIN INDUK KAPAL PURSE SEINER DI PELABUHAN PENDARATAN NUSANTARA PEKALONGAN. Gema Teknologi, 16(2). https://doi.org/10.14710/gt.v16i2.22135

Sarwoko, S., & Santoso, B. (2019). Computational Tahanan Kapal Untuk Menentukan Daya Mesin Utama Kapal Ikan 5 GT. Jurnal Rekayasa Mesin, 14(1). https://doi.org/10.32497/rm.v14i1.1450

Simatupang, D., Fachruddin, I., & Purnomo, F. . (2020). Optimalisasi Kinerja Generator Induk Guna Menunjang Efisiensi Bahan Bakar Methane pada MV. Tangguh Hiri. Prosiding Seminar Pelayaran Dan Teknologi Terapan, 2(1). https://doi.org/10.36101/pcsa.v2i1.137

Sroyer, D. W., Abrori, M. Z. L., & Sidhi, S. D. P. (2019). PERAWATAN FRESH WATER COOLER PADA SISTEM PENDINGINAN MESIN DIESEL PENGGERAK GENERATOR LISTRIK DI KAPAL NAVIGASI MILIK DISTRIK NAVIGASI KELAS I AMBON. Aurelia Journal, 1(1). https://doi.org/10.15578/aj.v1i1.8845

Sukamto. (2017). Pengelolaan Potensi Laut Indonesia Dalam Spirit Ekonomi Islam (Studi Terhadap Eksplorasi Potensi Hasil Laut Indonesia). Jurnal Ekonomi Islam, 9(1).

Suryanto, S., & Wudianto, W. (2017). MODEL ESTIMASI KONSUMSI BAHAN BAKAR KAPAL IKAN HUHATE DAN RAWAI TUNA. Jurnal Penelitian Perikanan Indonesia, 23(2). https://doi.org/10.15578/jppi.23.2.2017.99-110

Thoriq, S. A., Pramono, S., & Yogatama, C. (2021). REKALKULASI BEBAN LISTRIK KAPAL UNTUK PENENTUAN DAYA GENERATOR PADA MV. PRATIWI MENGGUNAKAN RULE BKI. Majalah Ilmiah Gema Maritim, 23(2). https://doi.org/10.37612/gema-maritim.v23i2.166

Utomo, B. (2020). Hubungan Antara Konsumsi Bahan Bakar dengan Berbagai Perubahan Kecepatan pada Motor Diesel Penggerak Kapal. Jurnal Rekayasa Mesin, 15(2). https://doi.org/10.32497/jrm.v15i2.1957

Widyoutomo, A. (2020). Pengamanan laut mewujudkan keamanan maritim Indonesia. Jurnal Maritim, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/jmtr.v1i1.11505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Politeknik Kelautan dan Perikanan Kupang

Jl. Kampung Baru, Pelabuhan Ferry Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, 85351

P-ISSN: 29862310 

E-ISSN: 29860903 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats