Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Strategi Bersaing dan Kinerja Pengolah Ikan Kering Skala Mikro di Provinsi Bengkulu
Abstract
Provinsi Bengkulu memiliki potensi perikanan, namun ikan yang mudah rusak memerlukan pengolahan, seperti pengeringan. Usaha pengolahan ikan kering membutuhkan ketahanan dan strategi bersaing yang didukung kompetensi serta orientasi kewirausahaan. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis kinerja usaha, Orientasi kewirausahaan, kompetensi kewirausahaan, strategi bersaing, dan pengaruh langsung serta tidak langsung antara kompetensi dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja usaha melalui strategi bersaing. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan kulitatif dan kuantitatif. Analisis data yang digunakan yaitu indeks skor dan SEM-PLS dengan wawancara terhadap 157 usaha secara sensus pada bulan Desember 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi Kewirausahaan usaha pengolahan Ikan kering di Provinsi Bengkulu berada dalam kategori tinggi dengan indeks skor 76,83%, orientasi Kewirausahaan usaha dalam kategori sedang (66,42%), strategi bersaing dalam kategori tinggi (66,98%), dan kinerja usaha pengolahan Ikan kering dalam kategori sedang (66,55%). Hasil analisis secara langsung menyatakan bahwa kompetensi dan orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha pengolahan ikan kering di Provinsi Bengkulu. Pengaruh tidak langsung melalui strategi bersaing menyatakan bahwa kompetensi dan orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja usaha pengolahan ikan kering di Provinsi Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada pengolah ikan kering untuk fokus pada peningkatan kompetensi dan orientasi kewirausahaan meningkatkan kemampuan tujuan dalam usaha dalam upaya peningkatan kinerja usaha.
Title: Factors Affecting Competitive the Strategy and Performance of Micro-Scale Dried Fish Processors in Bengkulu Province
Bengkulu Province has fisheries potential, but perishable fish require processing, such as drying. The dried fish processing business requires resilience and a competitive strategy supported by competence and entrepreneurial orientation. The purpose of the study is to analyze business performance, entrepreneurial orientation, entrepreneurial competence, competitive strategy, and the direct and indirect influence between entrepreneurial competence and orientation on business performance through competitive strategy. The research method was carried out using a qualitative and quantitative approach. The data analysis used was the score index and SEM-PLS with interviews with 157 businesses by census in December 2023. The results of the study show that the Entrepreneurial Competence of the dried fish processing business in Bengkulu Province is in the high category with a score index of 76.83%, the orientation of business entrepreneurship in the medium category (66.42%), the competitive strategy in the high category (66.98%), and the performance of the dried fish processing business in the medium category (66.55%). The results of the analysis directly stated that entrepreneurial competence and orientation had a positive and significant effect on the performance of the dried fish processing business in Bengkulu Province. Indirect influence through competitive strategies states that entrepreneurial competence and orientation have a positive and insignificant effect on the performance of dried fish processing businesses in Bengkulu Province. Based on the results of the research, it is recommended that dried fish processors focus on improving competence and entrepreneurial orientation to improve the ability to achieve goals in business in an effort to enhance business performance.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiputra, I. P. P., & Mandala, K. (2017). Pengaruh Kompetensi Dan Kapabilitas Terhadap Keunggulan Kompetitif Dan Kinerja Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(11), 6090-6119.
Ani, L. N. (2020). Pengaruh Inovasi Produk, Kreativitas Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Kerajinan Tikar Eceng Gondok” Liar”. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(02), 184-194.
Asyifa, Z., Rakib, M., dan Tahir, H. T. (2019). Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha (Studi Pada Usaha Mikro Di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep). Universitas Negeri Makasar.
Awaluddin, M. (2017). Pengaruh kepribadian entrepreneuship islam dan Akses informasi Terhadap Strategi Bisnis Dan Kinerja Bisnisusaha Kecil Di Kota Makassar. Jurnal Iqtisaduna, 3(1), 79–97.
Bps. (2020). Provinsi Bengkulu Dalam Angka. Badan Pusat Statistik.
Dhamayantie, E., dan Fauzan, R. (2017). Penguatan Karakteristik Dan Kompetensi Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Kinerja Umkm. Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 11(1), 80–91. Https://Doi.Org/10.24843/Matrik:Jmbk.2017.V11.I01.P07
Djodjobo, C. V., dan Tawas, H. N. (2014). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning Di Kota Manado. Jurnal Emba, 2(3), 1214–1224.
Feranita, N. V., dan Setiawan, H. A. (2018). Peran Keunggulan Bersaing Dalam Memediasi Dampak Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Umkm. Majalah Ilmiah “Dian Ilmu,” 18(1), 54–70.
Ghozali, L., dan Latan, H. (2015). Partial Least Square Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program Smartpls 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hidayat, M., & Citra, C. (2020). Pengaruh kompetensi kewirausahaan, orientasi pasar dan motivasi berwirausaha terhadap kinerja bisnis warung kopi di Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 5(1), 244-256.
Huda, I. U., Karsudjono, A., & Maharani, P. N. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Usaha Kecil Menengah dengan Variabel Intervening Keunggulan Bersaing (Studi Pada UKM di Banjarmasin). Jurnal Mitra Manajemen, 4(3), 392-407.
Jayaningrum, E., & Sanawiri, B. (2018). The Influence of Market Orientation, Innovation, Entrepreneurship Orientation on Competitive Advantage, and Marketing Performance (Study on Cafe Culinary in Malang City). Journal of Business Administration (JAB), 54(1).
Kurniawan, A., dan Yun, Y. (2018). Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan Dan Kelanggengan Usaha Terhadap Keunggulan Bersaing. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 65–78. Http://Jurnal.Unswagati.Ac.Id/ Index.Php/Jibmavailableonlineathttp://Jurnal. Unswagati.Ac.Id/Index.Php/Jibm
Kuswanti, K., & Prihandono, D. (2017). Pengaruh Orientasi Pelanggan dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran melalui Keunggulan Bersaing. Management Analysis Journal, 6(3), 341-350.
Ludiya, E., dan Kurniawan, A. (2020). Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Pada Umkm Bidang Fashion Di Kota Cimahi. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 11(2), 141–154. Www.Depkop.Go.Id
Merakati, I. Rusdarti, dan Wahyono. 2017. Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Orientasi Kewirausahaan melalui Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran. Journal of Economic Education. 6(2): 114-123.
Mitra, A. (2021). Efektifitas Pelaksanaan Program Penyuluhan Perikanan Dalam Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Desa Pulau Sarok, Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian (Jimtani), 1(2).
Naiu, A. S., Koniyo, Y., Nursinar, S., dan Kasim, F. (2018). Penanganan Dan Pengolahan Hasil Perikanan. In Athra Samudra (1st Ed.). Athra Samudra.
Noerchoidah, N. I. M. (2019). PENGARUH ORGANIZATIONAL JUSTICE TERHADAP KNOWLEDGE SHARING DAN INNOVATIVE WORK BEHAVIOR PADA CHAIN HOTEL DI JAWA TIMUR (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
Nurrohmah, I., dan Suryoko, S. (2020). Pengaruh Kompetensi Wirausaha Dan Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Pada Usaha Batik Tulis Di Grobogan-Jawa Tengah). Jurnal Administrasi Bisnis, 9(3), 216–223.
Pamela, Pambudy, R., dan Winandi, R. (2016). Kompetensi Kewirausahaan Dengan Keberhasilan Usaha Peternak Sapi Perah Pujon, Malang. Jurnal Agribisnis Indonesia, 4(1), 57–66.
Pudyastuti, E., dan Saputra, A. (2021). Upaya Peningkatan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kota Medan Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(3), 437–449.
Quantananda, E., dan Haryadi, B. (2015). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Di Surabaya. Jurnal Agora, 3(1), 706–715.
Rakib, M., Najib, M., dan Taufik, M. (2022). Kompetensi, Orientasi Wirausaha, Keunggulan Bersaing Dan Keberhasilan Usaha Kecil: Suatu Kajian Kuantitatif. Membangun Negeri Dengan Inovasi Tiada Henti Melalui Penelitian Dan Pengabdian Kepadamasyarakat, 1001–1013. Https://Www.Diskop.Id/Umkm-2/.
Setiawan, H. (2012). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Teknologi Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Songket Skala Kecil Di Kota Palembang. Jurnal Orasi Bisnis, 8, 12–19.
Sulaeman, M. (2018). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada Industri Tahu Di Sentra Industri Tahu Kota Banjar). Jiabi, 153–165.
Suryana, A. T., & Burhanuddin, B. (2021). Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha UMKM Kopi: Sebuah Tinjauan Teoritis dan Empiris. Jurnal AGRISEP: Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 117-128.
Syamsari, S., Maarif, M. S., Anggraeni, E., dan Amanah, S. (2022). Daya Tahan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Sektor Perikanan Kabupaten Takalar Pada Era Ketidakpastian. Buletin Ilmiah Marina Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan, 8(1), 33. Https://Doi.Org/10.15578/ Marina.V8i1.10636
Trihudiyatmanto, M. (2019). Pengembangan Kompetensi Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Umkm (Studi Empirik Pada Umkm Pande Besi Di Wonosobo). Journal Of Economic, Management, Accounting And Technology, 2(1), 22–32. Https://Doi.Org/10.32500/Jematech.V2i1.397
Wong, S. K. S., dan Tong, C. (2011). The Mediating Effects Of Customer And Competitor Orientations On New Product Success. International Journal Of Business And Management, 6(8), 34–43. Https://Doi.Org/10.5539/Ijbm.V6n8p34
Wulandary, A., Jumariah, dan Alvin. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha (The Effect Of Entrepreneurship Orientation To Business Performance In Fish Abon Sme Industry In Makassar City). Jurnal Sain Agribisnis, 1(1), 47–55. Https://Jurnal.Umsrappang.Ac.Id/Jsa
Wulani, F., Lindawati, T., Putro, A. J. W. T., & Suhartatik, A. (2019). Scale Development of Entrepreneurial Competency of SME Owner in Indonesia. Academy of Entrepreneurship Journal, 25(4), 1-12.
Zaini, A. C., dan Handoyo, S. E. (2021). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Dan Kompetensi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(1), 72–81.
DOI: http://dx.doi.org/10.15578/marina.v10i2.14019
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
---------------------------------------------------------------------------------------
Published by
Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan
in collaboration with
Indonesian Marine and Fisheries Socio-Economics Research Network

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

























