PUSTAKAWAN MULTI TALENTA DAN KEPRIBADIAN PUSTAKAWAN UNTUK MEWUJUDKAN LAYANAN PRIMA

WIDYA INDIARTI

Sari


Multi talenta merupakan satu kata yang memiliki makna. Keadaan dimana pustakawan mengetahui talentanya dan dapat mempergunakan talenta yang dimilikinya untuk dapat fokus mengerjakan tugasnya yaitu mengakuisisi, mengolah mendiseminasi dan memanfaatkan informasi untuk kepentingan pemustaka dan menjadkannya kesuksesan dirinya. Perpustakaan sebagai pengelola informasi senantiasa berinteraksi dengan pemustaka terutama pada saat proses layanan, sehingga dibutuhkan multi talenta dalam memberikan layanan. Multi talenta pustakawan yang senantiasa menjadi sorotan dalam memberikan layanan prima harus dibangun sejalan dengan kebutuhan pemustaka yang beraneka ragam latar belakang kehidupan serta aneka bentuk informasi. Menggunakan konsep dasar kepribadian yang dibangun berdasarkan teori peta talenta menjadi landasan untuk memberikan layanan prima yang berorientasi pada pemustaka.

Multi Talent is a word that has meaning. A situation where librarians know their talents and can use their talents to be able to focus on their duties, namely acquiring, processing, disseminating and utilizing information for the benefit of users and making it their success. Libraries as information managers always interact with users, especially during the service process, so multi-talents are
needed in providing services. The multi-talented librarian who is always in the spotlight in providing excellent service must be built in line with the needs of users with diverse backgrounds and various forms of information. Using the basic concept of personality, which is built on the theory of talent maps supporting by their caracter, becomes the basis for providing excellent customeroriented service.


Kata Kunci


Pustakawan multi talenta; karakter; kepribadian; pemustaka; layanan prima

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Atep Adya Barata. 2012. Dasar-dasar pelayanan prima. Jakarta. Elex Media Komputindo Perpusnas RI. 2019.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang

Perpustakaan. Jakarta: Perpusnas RI Indonesia. BSN. 2009. SNI 7496: 2009. SNI

Perpustakaan Khusus Instansi Pemerintah/ Lembaga. Jakarta: BSN

Daniel Cervone. 2011. Kepribadian : teori dan penelitian. Jakarta: Salemba

……… 2011. Layanan prima bagi pelanggan dan masyarakat . http://djajendra- motivator.com/ ?p=3343 diuunduh pada 16 Juni 2020

Suharyadi, et al. 2007. Kewirausahaan : membangun usaha sukses sejak usia muda. Jakarta: Salemba Empat.

Suyanto. 2012. Membangun karakter humanistik dan profesionalisme tenaga kesehatan untuk mencapai pelayanan prima. Makalah Seminar Nasional di STIKES Aisyiyah Yogyakarta, 14 Juli




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/jp.v7i1.10310

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Copyright of Jurnal Pari (p-ISSN 2502-0730 , e-ISSN 2549-0133)

Sekretariat Badan Riset dan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kelautan dan Perikanan


Flag Counter

Index by