INFORMASI BERBASIS MEDIA SOSIAL PADA PERPUSTAKAAN DIGITAL

Nasrul Rizal A. Lubis

Sari


Informasi berbasis media sosial ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial yang sedang menarik dikalangan penikmat medsos. Ada pun penguna media sosial aktif di Indonesia mencapai 277,7 juta orang pada Januari 2022. Jumlah tersebut naik 12,35% dibandingkan tahun sebelumnya. Sehingga dapat dilihat dari platform media yang memfokuskan pada eksistensi pengguna yang memfasilitasi mereka dalam beraktifitas maupun berkolaborasi. Karena itu media sosial dapat dilihat sebagai medium (fasilitator) online yang menguatkan hubungan antar pengguna sekaligus sebuah ikatan sosial. Dimana perpustakaan khusus sebagai organisasi informasi pemerintahan yang bertugas mengumpulkan, menyimpan dan menyebarkan informasi kepada penguna dengan menekankan suatu koleksi sangat diperlukan untuk penyebaran informasi yang tepat. Hal ini dapat dimanfaatkan dengan adanya keberadaan fungsi dari layanan perpustakaan khusus membuat pemustaka berinovasi dalam layanan baik melalui media sosial Twitter, youtube dan Instagram yang dapat berhubungan kepada penguna perpustakaan di generasi saat ini.

This social media-based information aims to find out the use of social media that is currently interesting among social media connoisseurs. There are also active social media users in Indonesia reaching 277.7 million people in January 2022. This number is up 12.35% compared to the previous year. So that it can be seen from the media platform that focuses on the existence of users who facilitate them in their activities and collaboration. Therefore, social media can be seen as an online medium (facilitator) that strengthens the relationship between users as well as a social bond. Where a special library as a government information organization in charge of collecting, storing and disseminating information to users by emphasizing a collection is indispensable for the dissemination of appropriate information. This can be exploited by the existence of the function of special library services to make users innovate in services both through social media Twitter, YouTube and Instagram which can relate to library users in the current generation


Kata Kunci


Informasi;media sosial;perpustakaan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Standarisasi Nasional (2009). SNI 7496:2009 Perpustakaan khusus instansi pemerintah. Jakarta.

Jagiyanto HM. 1999. Analisis & Desin Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (2007). Undang-undang No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Jakarta

Sudirman Anwar, Said Maskur dan Muhammad Jailani. Manajemen Perpustakaan 2019. Jakarta

Williams dan Sawyer. 2003. Using Information Technology: A Practical

Introduction to Computers and Communications.London:CareerEducation.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/pengguna-twitter-indonesia-masuk-daftar-terbanyak-di-dunia-urutan-berapa diakses pada 10 Juni 2022

https://andi.link/wp-content/uploads/2022/02/Data-Tren-Pengguna-Internet-dan-Media-sosial-di-Indonesia-Tahun-2022.jpg

http://ptkomunikasi.wordpress.com/2012/06/11/pengetian-medi-sosial-peran-serta-fungsinya/




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/jp.v8i1.11517

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Copyright of Jurnal Pari (p-ISSN 2502-0730 , e-ISSN 2549-0133)

Sekretariat Badan Riset dan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kelautan dan Perikanan


Flag Counter

Index by