TEKNOLOGI DARING SEBAGAI SARANA KEGIATAN PUSTAKAWAN DALAM MASA PANDEMIC COVID-19

Suyatno suyatno

Sari


Akibat dari adanya pandemic COVID-19 kegiatan masyarakat khususnya kegiatan pustakawan mengalami kendala. Untuk mengatasi hal tersebut pustakawan telah menggunakan teknologi yang dapat menjembatani permasalahan tersebut yaitu dilaksanakanya kegiatan pertemuan atau meeting dilakukan seraca daring. Ada berberapa aplikasi yang digunakan yaitu skype, zoom clude meeting, Cisco Webex Meetings, slack, dan Microsoft teams. Kelebihan dari kegiatan meeting secara daring antara lain Meningkatkan Keselamatan dan Keamanan, Tidak Mengenal Batasan, Biaya Lebih Efisien, dan update teknologi sedangkan kekuranganya antara lain Jadwal yang tidak menentu, Koneksi internet rentan terganggu, Boros kuota, Kualitas video dan audio yang kurang bagus, Adaptasi dalam berkomunikasi, dan Tegang karena dilihat banyak orang beberpa contoh kegiatan daring perpustakaan antara lain Servant Leadership of School Librarian : Transformasi Perpu Sekolah Mewujudkan ekosistem Digital Nasional, FPKI membangun ekosistem digital dilingkungan Perpustakaan Khusus, Webinar Tips dan Trik Mengikuti Sertifikasi Profesi Pustakawan, Pelatihan Soft Skill Untuk Pustakawan, Tradisi Membaca dan Perkembangan Literasi di Era Digital, Sekolah Sinta, WORLD READ ALOUD DAY 2022: Menumbuhkan Budaya Literasi Bangsa Indonesia

Kata Kunci


Seminar perpustakaan; daring; pustakawan; covid-19

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Wara Merdeka 2022. Berita Membaca Nyaring Berkontribusi Dalam Menumbuhkan Budaya Literasi. Medan Merdeka Selatan, Jakarta.

Burkus, D. (2010, April 1). Servant leadership theory. David Burkus. http://davidburkus.com/2010/04/servant-leadership-theory/

Meulemans, Y.N., & Matlin, T.R. (2019). Are You Being served? Embracing Servant Leadership, Trusting Library Staff, and Engendering Change.

Richmond, L. (2017). “A Feminist Critique of Servant Leadership.” In Feminists Among Us: Resistance and Advocacy in Library Leadership, edited by Shirley Lew & Baharak Yousefi, 43-65. Library Juice Press.

Kementerian Komunikasi dan informatika RI 2021. Presiden Joko Widodo memberikan sambutan pada acara Peresmian Gerakan Akselerasi Generasi Digital yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada Rabu, 15 Desember 2021. - (BPMI)




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/jp.v8i1.11523

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Copyright of Jurnal Pari (p-ISSN 2502-0730 , e-ISSN 2549-0133)

Sekretariat Badan Riset dan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kelautan dan Perikanan


Flag Counter

Index by