STRATEGI PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL PUSAT RISET PERIKANAN

Hadhi Nugroho

Sari


Media sosial saat ini banyak digunakan oleh masyarakat. Demikian juga dengan instansi pemerintah yang saat ini telah mulai banyak memanfaatkan keberadaan media sosial untuk terhubung dan berinteraksi dengan masyarakat. Pusat Riset Perikanan sebagai salah satu instansi pemerintah telah memiliki dan menggunakan media sosial berupa Instagram, Twitter, dan Youtube. Agar pengelolaan media sosial di Pusat Riset Perikanan dapat berjalan dengan baik, diperlukan perencanaan dan tata kelola yang baik, keterampilan/pengetahuan khusus, serta sumber daya yang memadai. Metode yang digunakan dalam perencanaan pengelolaan media sosial Pusat Riset Perikanan adalah metode POST (People-Objectives-Strategy-Technology), yang terdiri dari empat tahapan penting dalam perencanaan pengelolaan media sosial, yaitu penentuan pengguna/khalayak (people) yang akan menjadi sasaran media sosial, penentuan tujuan (objectives) yang akan dicapai instansi, penentuan strategi (strategy) pelaksanaan media sosial, serta penentuan teknologi (technology) yang dibutuhkan. Berdasarkan penentuan pengguna/khalayak (people), maka target sasaran pengguna media sosial Pusat Riset Perikanan dapat dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu internal dan eksternal. Tujuan (objectives) pengelolaan media sosial Pusat Riset Perikanan yaitu sebagai media untuk melakukan kampanye kehumasan KKP; sebagai media untuk menyampaikan/menginformasikan profil organisasi, kebijakan, kegiatan organisasi, dan hasil riset perikanan kepada masyarakat; sebagai media untuk memperoleh saran, masukan, gagasan, dan aspirasi dari masyarakat; serta menjamin terwujudnya penyelenggaraan keterbukaan informasi publik. Penentuan strategi pelaksanaan media sosial (strategy) Pusat Riset Perikanan dilakukan dengan menyusun tim pengelola, menyusun langkah-langkah pengelolaan, menjalin kolaborasi/kerja sama dengan pengelola media sosial lainnya, serta melakukan inovasi dan variasi terhadap konten media sosial. Sedangkan berdasarkan penentuan teknologi yang dibutuhkan (technology), untuk mengelola media sosial Pusat Riset Perikanan diperlukan teknologi berupa komputer meja, laptop, telepon pintar, jaringan listrik, jaringan internet, perangkat lunak desain grafis tidak berbayar, dan perangkat lunak analisis media sosial yang disediakan oleh media sosial

Social media is currently widely used by the people's. Currently, government agencies have begun to take advantage of the presence of social media to connect and interact with the public. Center of Fishery Research as a government agency already owns and uses social media in the form of Instagram, Twitter and Youtube. In order for the management of social media at Center of Fishery Research to run well, good planning and governance, special skills/knowledge, and adequate resources are needed. The method used in planning the social media management of Center of Fishery Research is the POST (People-Objectives-Strategy-Technology) method, which consists of four important stages in social media management planning, namely determining the users/audience (people) who will be targeted social media, determining objectives (objectives) to be achieved by agencies, determining strategies (strategy) for implementing social media, and determining the technology (technology) needed. Based on the determination of users/audiences (people), the target audience for social media in Center of Fishery Research can be divided into two groups, namely internal and external. The objectives (objectives) of social media management in Center of Fishery Research are as a medium for carrying out KKP public relations campaigns; as a medium for conveying/informing organizational profiles, policies, organizational activities, and fishery research results to the public; as a medium for obtaining suggestions, input, ideas, and aspirations from the public; as well as ensuring the implementation of public information disclosure. Center of Fishery Research social media implementation strategy is determined by assembling a management team, compiling management steps, establishing collaboration/cooperation with other social media managers, as well as innovating and varying social media content. Meanwhile, based on determining the required technology (technology), to manage social media in Center of Fishery Research requires technology in the form of desktop computers, laptops, smartphones, power grids, internet networks, free graphic design software, and free social media analysis software provided by social media


Kata Kunci


Media sosial; internet; perencanaan; pengelolaan; metode POST

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardian, G. (2018). Cara Mencari Target Pasar yang Tepat di Media Sosial. Diakses 3 Januari 2023, dari: https://nolimit.id/blog/2018/01/23/mengetahui-demografi-konsumen-di-media-sosial.

Badan Pusat Statistik. (2021). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Bernoff. J. (2007). The POST Method: A Systematic Approach to Social Strategy. In: Groundswell: How People with Social Technologies Are Changing Everything. Massachusetts, USA: Harvard Bussiness Review Press.

Dahono, Y. (2021). Data: Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia 2020-2021. Diakses 5 Desember 2022, dari https://www.beritasatu.com/news/733355/data-ini-media-sosial-paling-populer-di-indonesia-20202021.

Fullstop Indonesia. (2019). Perbedaan Karakter Platform Sosial Media. Diakses 5 Desember 2022, dari https://www.fullstopindonesia.com/blog/item/30/Perbedaan-Karakter-Platform-Sosial-Media.

Hansen, D.L., Shneiderman, B., dan Smith, M.A. (2011). Analyzing Social Media Network With NodeXl: Insights from a Connected World. Burlington, Massachusetts, USA: Morgan Kauffman.

Kaplan, A. M. dan Haenlein, M. (2010). Users of The World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59-68.

Kerpen, D. (2011). Likeable Social Media: How to Delight Your Customers, Create an Irresistible Brand, and Be Generally Amazing on Facebook (and Other Social Networks). New York: McGraw-Hill.

Khan, G.F. (2017). Social Media for Government: A Practical Guide to Understanding, Implementing, and Managing Social Media Tools in the Public Sphere. Singapore: Springer Nature.

Listiyani, D. (2019). Ingin Menambahkan Link ke Post Instagram, Intip Cara Berikut Ini. Diakses 6 Januari 2023, dari: https://www.inews.id/techno/internet/ingin-menambahkan-link-ke-post-instagram-intip-cara-berikut-ini.

Mahmudah, S.M. dan Rahayu, M. (2020). Pengelolaan Konten Media Sosial Korporat pada Instagram Sebuah Pusat Perbelanjaan. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), 1-9.

Pakuningjati, A.L. (2018). Pengelolaan Media Sosial dalam Mewujudkan Good Governance (Studi Kasus Pengelolaan Media Sosial Lapor! sebagai Sarana Aspirasi dan Pengaduan Rakyat Secara Online oleh Deputi I Kantor Staf Presiden). Dalam Putri, B.P., Ghofari, G., Pamungkas, R.B., dan Rahyaputra, V. (Editor) Isu-Isu Masyarakat Digital Kontemporer. Yogyakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Paramastri, N.A. dan Gumilar, G. (2019). Penggunaan Twitter Sebagai Medium Distribusi Berita dan Newsgathering oleh Tirto.id. Kajian Jurnalisme, 3(1), 18-38.

Prasasti, A. dan Parahiyati, C.R. (2021). Social Media Marketing as a Marketing Tools in COVID-19 Pandemics: A Systematic Review. Proceedings of the BISTIC Business Innovation Sustainability and Technology International Conference (BISTIC 2021), 165-171. Atlantis Press International B.V.

Prastika, A.C. (2018). Gerakan Sosial Baru di Dunia Siber Etnografi Daring Media Sosial dalam Akun Twitter dan Halaman Facebook Gerakan Jogja Darurat Agraria. Dalam Putri, B.P., Ghofari, G., Pamungkas, R.B., dan Rahyaputra, V. (Editor) Isu-Isu Masyarakat Digital Kontemporer. Yogyakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Prihatiningsih, W. (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram di Kalangan Remaja. Jurnal Communication, 8(1), 51-65.

Puntoadi, D. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Social Media. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Suciska, W. (2016). Optimalisasi Penerapan E-Government Melalui Media Sosial dalam Mewujudkan Good Governance. Prosiding Seminar Nasional Komunikasi 2016, 374-389. Bandar Lampung: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.

Suratnoaji, C., Nurhadi, dan Candrasari, Y. (2019). Buku Metode Analisis Media Sosial Berbasis Big Data. Banyumas: Sasanti Institute.

Syadhana, J.P., Perbawasari, S., dan Hafiar, H. (2020). Perencanaan Strategi Media Sosial Akun Instagram @peopleattiket oleh PT. Global Tiket Network. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(1), 36-59.

Syahreza, M.F. (2017). Motif dan Pola Penggunaan Media Sosial Instagram di Kalangan Mahasiswa (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Unimed). Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Thifalia, N. dan Susanti, S. (2021). Produksi Konten Visual dan Audiovisual Media Sosial Lembaga Sensor Film. Jurnal Common, 5(1), 39-55.

Widiastuti, R.N., Meiningsih, S., Nugraha, D.A., Widyasari, K.L., Nuranna,

F.S., ….Riswan, H. (2018). Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial dalam Lembaga Pemerintah (Cet. 1). Jakarta: Direktorat Pengelolaan Media, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Yovanka, C. (2021). Mengenal karakter platform media sosial. Diakses 5 Januari 2023, dari https://stories.briefer.id/2021/11/08/mengenal-karakter-platform-media-sosial.

Peraturan Perundang-Undangan

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 44/PERMEN-KP/2016 tentang Penyelenggaraan Kehumasan di Lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan

Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 48/PERMEN-KP/2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 83 Tahun 2012 tentang Pedoman Pemanfaatan Media Sosial Instansi Pemerintah.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/jp.v9i1.13121

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Copyright of Jurnal Pari (p-ISSN 2502-0730 , e-ISSN 2549-0133)

Sekretariat Badan Riset dan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kelautan dan Perikanan


Flag Counter

Index by