LAYANAN RESEARCH SUPPORT SERVICE DI ERA DIGITAL: KEPUSTAKAAN KAWASAN SAINS TEKNOLOGI B.J. HABIBIE, PUSPIPTEK SERPONG

Anggiana Rohandi Yusuf, Rochani Nani Rahayu, Ainun Zakiah Noor

Sari


ABSTRAK

Artikel ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui 1) Jenis dan deskripsi layanan perpustakaan pendukung riset (Research Support Service), yang dilakukan oleh Kepustakaan Kawasan Sain Teknologi B.J. Habibie; 2) Mekanisme permintaan layanan melalui aplikasi e-LAWAS; 3) Jenis dan jumlah layanan yang diberikan kepada para peneliti Kawasan. Digunakan metode deskriptif menggunakan sumber data e-LAWAS, dan laporan layanan periode Januari – Desember 2022. Hasil penelitian 1) Diketahui sebanyak 8 jenis layanan perpustakaan pendukung penelitian;2) mekanisme diawali dengan penulisan profil pemustaka/peneliti, kemudian peneliti memilih layanan yang diinginkan, sesuai dengan jenis layanan yang ditawarkan, koordinator meneruskan layanan yang dipilih ke pustakawan pelaksana, selanjutnya jika hasil layanan sudah siap, maka hasil layanan dikirimkan ke peneliti melalui e-mail, dan e-LAWAS, dengan tembusan ke koordinator layanan. Selama 2022, telah diberikan sebanyak 702 layanan, dengan layanan terbanyak adalah pemeriksaan plagiarisme, berjumlah 427 (60,83%) permintaan, kemudian pada urutan kedua adalah layanan pemeriksaan tata bahasa menggunakan aplikasi Grammarly, sebanyak 179 (25,50%) permintaan, dan layanan bibliometrika berada pada urutan ketiga yaitu 23 judul (3,72%). Kesimpulan, Kepustakaan Kawasan Sain Teknologi B.J. Habibie, menyediakan 8 jenis layanan, dan satu jenis diantaranya belum pernah ada yang meminta yaitu layanan Visualisasi data menggunakan Tableu. Permintaan terbanyak adalah pemeriksaan plagiarisme. Disarankan agar terus dilakukan sosialisasi tentang berbagai layanan yang disediakan bagi peneliti.

ABSTRACT

This article was written with the aim of knowing 1) Types and descriptions of research support library services (Research Support Service), carried out by the B.J Habibie Science and Technology Regional Library; 2) Service request mechanism via the e-LAWAS application; 3)Type and amount of services provided to Regional researchers. A descriptive method was used using the e-LAWAS data source, and service reports for the period January – December 2022. Research results 1) It is known that there are 8 types of research supporting library services; 2) the mechanism begins with writing a user/researcher profile, then the researcher selects the desired service, according to the type of service offered, the coordinator forwards the selected service to the implementing librarian, then if the service results are ready, the service results are sent to the researcher via e-mail, and e-LAWAS, with a copy to the service coordinator. During 2022, 702 services have been provided, with the most services being plagiarism checking, totaling 427 (60.83%) requests, then in second place are grammar checking services using the Grammarly application, totaling 179 (25.50%) requests, and Bibliometric services are in third place, namely 23 titles (3.72%). Conclusion, B.J. Science and Technology Area Literature. Habibie, provides 8 types of services, and one type of which no one has ever asked for is the data visualization service using Tableu. The most requested is plagiarism checking. It is recommended that socialization continues to be carried out about the various services provided to researchers.


Kata Kunci


Research Support Service; Research library; KST B.J. Habibie

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/jp.v9i2.13689

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Copyright of Jurnal Pari (p-ISSN 2502-0730 , e-ISSN 2549-0133)

Sekretariat Badan Riset dan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kelautan dan Perikanan


Flag Counter

Index by