PROMOSI DAN PUBLIC RELATION DI PERPUSTAKAAN

Nazrul Rizal lubis, Arief Gunawan, darwanto darwanto

Sari


ABSTRAK

Fungsi utama penyelenggaraan perpustakaan adalah pelayanan. Dalam menjalankan fungsi pelayanan tersebut, public relations (PR) memiliki peran yang sangat penting. PR berfungsi sebagai pendukung manajemen, membangun citra perpustakaan, dan sebagai komunikator. Artikel ini mengetengahkan prinsip-prinsip PR yang perlu diimplementasikan pada perpustakaan dan berbagai upaya yang perlu dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dan membangun pencitraan perpustakaan.

 

ABSTRACT

Library service is the main function of a library. Public relations (PR) is one of factors determining the function. PR has functions as management support, building library image, and as communicator. This article sheds light on PR principles that should be implemented at library and several efforts which should be conducted in improving library service and library image.


Kata Kunci


Perpustakaan; humas; komunikasi; pelayanan perpustakaan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Davis, A. 2003. Everything You Should Know About Public Relations. Panduan Lengkap Tentang PR. Jakarta: Gramedia.

Effendy, Onong Uchjana. 1989. Human Relations dan Public Relations dalam management. Mandar Maju, Bandung.

Kriyantono, R. 2007. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai contoh praktis riset media, public relations, advertising, komunikasi organisasi, komunikasi pema- saran. Cetakan Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Macnamara, J. 1998. Panduan Presentasi Modern. Judul asli The Modern Presenters Handbook. Alih bahasa oleh A.G. Hermanto. Kentindo Soho. Jakarta.

The Encyclopedia Britannica vi, Chicago: William Benton, 1980.

Tubbs, S.L. and S. Moss. 2000. Human Communication, D. Mulyana (Ed.). Bandung: Remadja Rosdakarya.

Yulianti. 2008. Public Relations Perpustakaan. Mengapa Tidak. Bandung: Perpustakaan Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.