PENINGKATAN KOMPETENSI STAF PENGELOLA PERPUSTAKAAN DALAM UPAYA OPTIMALISASI PELAYANAN TERHADAP PEMUSTAKA

ketut masiani

Sari


ABSTRAK
Pelayanan perpustakaan saat ini perlu terus ditingkatkan dalam upaya untuk optimalisasi pelayanan kepada pemustaka. Saat ini pemustaka dapat dikategorikan menjadi 2 generasi, yaitu Immigrant generation dan Digital natives. Pemustaka pada saat ini lebih cenderung bersifat digital native yang lebih mengutamakan teknologi informasi dalam melakukan penelusuran informasi. Kemudahan yang diberikan oleh media informasi yang ada di internet memunculkan perubahan karakter pemustaka dan mulai meninggalkan perpustakaan sebagai media sumber informasi. Pengkajian ini dilakukan untuk mengetahui kompetensi pustakawan yang dibutuhkan dalam pengelolaan perpustakaan serta upaya yang perlu dilakukan untuk mencapai kompetensi tersebut. Pengkajian ini menggunakan metode USG (Urgent, Seriousness, Growth). Data yang digunakan dalam pengkajian ini adalah data primer melalui kuesioner yang dibagikan ke beberapa ke peneliti, teknisi, karyawan administrasi serta mahasiswa yang sedang melakukan kegiatan di BBRBLPP.
Hasil pengkajian menunjukkan bahwa yang paling dibutuhkan pengelola perpustakaan saat ini adalah kompetensi dan profesionalisme dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Kompetensi dan profesionalisme ini dapat diperoleh melalui pelatihan di bidang kepustakawanan.

ABSTRACT
The current library services was need to be continuously improved in the effort of optimizing services to users. Currently users can be categorized into 2 generations, namely Immigrant generation and Digital natives. The presenters are more likely to be digital native who prioritize information technology in conducting information tracking. The ease given
by the information media available on the internet led to changes in the character of the user and began to leave the library as a medium of information resources. This assessment is conducted to determine the competence of librarians needed in library management and efforts that need to be done to achieve these competencies. This assessment uses
USG (Urgent, Seriousness, Growth) method. The data used in this assessment is primary data through questionnaires
distributed to some researchers, technicians, administrative staff and students who are conducting activities at IMRAFE.
The results showed that library managers are mostly required competence and professionalism in the field of information
and communication technology. This Competence and professionalism can be obtained by librarianship training.


Kata Kunci


Pustakawan; kompetensi layanan informasi; pemustaka; Librarians; competencies; information services; library users

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/jp.v3i2.6802

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Copyright of Jurnal Pari (p-ISSN 2502-0730 , e-ISSN 2549-0133)

Sekretariat Badan Riset dan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kelautan dan Perikanan


Flag Counter

Index by