KINERJA ASUPAN PADA LAPORAN TAHUNAN :STUDI KASUS LAPORAN TAHUN 2016 PADA PERPUSTAKAAN BALAI BESAR RISET SOSIAL EKONOMI KELAUTAN DAN PERIKANAN

siti nurhayati

Sari


Laporan tahunan di perpustakaan dibuat sebagai upaya untuk mengetahui pencapaianterhadap visi, misi dan tujuan perpustakaan serta alat pertanggungjawaban pelaksanaan danpenyelenggaraannya. Ada tiga kinerja yang dijadikan dasar pada laporan tahunan PerpustakaanBalai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan 2016, salah satunya adalah kinerjaasupan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif non interaktif yang di padukan denganstudi literatur sekunder yang dianalisis secara deskritif. Dengan total populasi sejumlah 89 hasilyang di capai dari kinerja asupan ini dijawab dengan di ketahuinya jumlah pengguna potensialsebesar 89 orang, total koleksi yang di miliki sejumlah 1.818 eksemplar. Penambahan koleksisecara pembelian yang tidak ada pada tahun 2016 tetap menjadikan besaran persentase bukuberdasarkan jenis buku teks sebesar 71%. Rasio pengguna sebanyak 10.5, namun kemutakhirankoleksi hanya sebesar 17%. Jumlah jam pelayanan selama 40 jam per pekan. Dukungan saranakatalog daring hanya 1 buah komputer. Rasio pustakawan terhadap staf perpustakaan adalah 2:1dengan library registration sebesar 100%.

The annual report of Research Institute of Marine and Fisheries for Socio-Economic Development(RMFFSED) Library is made to find out its achievement in vision, mission and objectives as well asa tool of accountability of its implementation. There are three basic aspects of the report in 2016,one of which is the performance of data processing. The method used in this research is thequalitative non-interactive combined with the descriptively analyzed secondary literature study. Of the total library member population of 89 people, the results achieved from the processed data isthat the number of potential users are 89 people, and the total collections are 1,818 copies sincethere is no collection addition in 2016, the percentage of text books remains 71%.The user rate is10.5 however, the collection update is only 17%, and the number of hours of service is 40 hoursper week. Online catalog facility is only one computer. The ratio of librarian to library staff is 2:1 withlibrary registration of 100%


Kata Kunci


Pengukuran Kinerja; Kinerja perpustakaan; Laporan tahunan; Performance Measurement; Library Performance; Annual Report.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.