RESISTENSI IMPLEMENTASI IBLIMS PADA PERPUSTAKAAN LINGKUP BADAN RISET DAN SUMBER DAYA MANUSIA KELAUTAN DAN PERIKANAN (BRSDMKP)

Nanung Rijal

Sari


ABSTRAK

Dalam era informasi dewasa ini perpustakaan telah mengalami transformasi mengikuti eradigital. Kondisi ini tak terkecuali merubah peran dan fungsi perputakaan dalam menyediakan dan menyampaikan informasi yang dimiliki kepada pemustakanya. Secara berangsur-angsur telah terjadi polarisasi serta perubahan dari perpustakaan tradisional menuju perpustakaan modern. Peluang dan tantangan inilah yang mengharuskan perubahan pola pikir (mindset) dalampengelolaan perpustakaan. Tulisan ini dimaksud untuk memberikan gambaran resistensi dan solusinya terkait implementasi IBLiMS di perpustakaan lingkup BRSDMKP. Metode penelitianyang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dan observasi. Hasil dari penelitian ini, diharapkan pustakawan dan organisasi perpustakaan dapat memanfaatkan setiap tantangan dan peluang dengan cara-cara efektif dan inovatif agar tetap survive dalam kondisi lingkungan yang terus berubah

ABSTRACT

In the information era like today, the library has undergone an era digital transformation. Thiscondition is no exception to changing the role and functions of circulation in providing and conveying information that is owned to its customers. Polarization and change from traditional libraries to modern libraries have been gradual. These opportunities and challenges require changes inmindset in library management. This article is intended to provide an overview of the resistanceand solution related to IBLiMS implementation in the BRSDMKP scope library. The research method used is qualitative, with data collection techniques using interview methods, and observations. Theresults of this study are expected that librarians and libraries can take advantage of every challengeand opportunity in effective and innovative ways to survive in changing environmental conditions.


Kata Kunci


Perpustakaan Digital; Revolusi Industri 4.0; Pustakawan; Resistensi; IBLiMS Digital Library; Industrial Revolution 4.0; Librarian; Resistance; IBLiMS.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/jp.v4i2.7873

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Copyright of Jurnal Pari (p-ISSN 2502-0730 , e-ISSN 2549-0133)

Sekretariat Badan Riset dan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kelautan dan Perikanan


Flag Counter

Index by