PENGELOLAAN LOBSTER (Panulirus spp) NELAYAN SKALA KECIL DI PANGANDARAN JAWA BARAT

Sakti Pandapotan Nababan, Maman Hermawan, Hery Choerudin, Eli Nurlaela, Afriana Kusdinar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan lobster (Panulirus spp) nelayan skala kecil di Kabupaten Pangandaran. Penelitian ini dilakukan di Pelabuhan Perikanan Cikidang, Pantai Madasari, Desa Ciparanti dan Pantai Legok Jawa Kec. Cimerak Kabupaten Pangandaran pada tanggal 4 Januari 2021 – 4 Februari 2021. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yang bersifat survei. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa alat penangkap ikan yang digunakan untuk menangkap lobster adalah gillnet dasar atau nelayan setempat menyebutnya dengan jaring lobster. Lobster yang tertangkap di perairan pangandaran dan diperjualbelikan di Pelelangan ikan terdiri dari beberapa jenis, yaitu lobster mutiara (Panulirus ornatus), lobster pasir (Panulirus homarus), lobster batik (Panulirus cygnus), lobster bambu (Panulirus versicolor) dan lobster batu (Panulirus penicillatus). Kegiatan pelelangan ikan di Pangandaran pada umumnya dilaksanakan setiap hari kecuali hari Jum’at. Musim puncak penangkapan lobster terjadi pada awal bulan September hingga akhir Desember. Musim paceklik diawali dari mulai akhir bulan januari hingga awal Agustus. Permasalahan yang umum terjadi pada nelayan skala kecil di pangandaran adalah minimnya modal usaha, membuat nelayan bergantung kepada bakul untuk memperoleh modal untuk operasi penangkapan ikan.


Keywords


Pengelolaan, Lobster, Nelayan Kecil, Pangandaran

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kabupaten Ciamis. (2018). Pangandaran Dalam Angka 2018. Ciamis : Badan Pusat Statistik Kabupaten Ciamis.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Ciamis. (2020). Ekspor Benih Lobster Agustus 2020 Melonjak 75 Persen jadi US$ 6,43 Juta. Diakses pada 01 Desember 2020, dari https://bisnis.tempo.co/read/1388686/bps-ekspor-benih-lobster-agustus-2020-melonjak-75-persen-jadi-us-643-juta/full&view=ok

Dinas Kelautan, Perikanan Dan Ketahanan Pangan Kab. Pangandaran. (2019). Laporan Kinerja Instansi Pemerintah 2018. Pangandaran : DKPKP.

Hardani, Hikmatul, A. N., Ardiani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi (ed.); Issue March). Yogyakarta : CV. Pustaka Ilmu.

Iskandar, Lani H. 2019. Perkembangan Perikanan Tangkap Lobster di Pantai Pangandaran Jawa Barat: Kajian Teknis dan Sumberdaya. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Kementerian Kelautan Dan Perikanan. (2014). Indikator Untuk Pengelolaan Perikanan Dengan Pendekatan Ekosistem. Jakarta : WWF-Indonesia.

Kementerian Kelautan Dan Perikanan. (2020). PERMEN KP No. 12 Tahun 2020 Pengelolaan Lobster (Panulirus spp.), Kepiting (Scylla spp.), dan Rajungan (Portunus spp.) di Wilayah Negara Republik Indonesia. KKP, Jakarta : KKP.

Nawangwulan, S. 2001. Analisis Sistem Penangkapan Lobster (Panulirus sp) di Perairan Pangandaran Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa (Vol. 1, Issue 1). Surakarta.

Rahman, A. 2018. Size Distribution And Condition Factor Of Spiny Lobster (Panulirus homarus Linnaeus 1758) In Pananjung Pangandaran. Widyariset. Vol. 4 No. 2. 205-211.

Siregar, Syofian. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Utami, D. 2000. Analisis Sumberdaya dan Tingkat Pemanfaatan Lobster (Panulirus sp.) yang Didaratkan di Pangandaran Ciamis, Jawa Barat. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

W. Donny Orlando. (2012). Studi Pengamanan Dan Pemeliharaan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Cikidang, Kabupaten Ciamis. Bandung : Institut Teknologi Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/bjsj.v4i1.11299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Creative Commons License
Buletin Jalanidhitah Sarva Jivitam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
ISSN Print: 1978-032X, ISSN Online: 2716-2554

POLITEKNIK AHLI USAHA PERIKANAN
BADAN RISET DAN SUMBER DAYA MANUSIA KELAUTAN DAN PERIKANAN
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN

View My Stats

 Index by


 

Location: