Diversifikasi dan Karakterisasi Cita Rasa “Sosis Janda” Ikan Tuna dengan Ubi Ungu (Ipomea Batatas L. Sin) sebagai Pewarna Alami

Yustisio Onthony, Titien Sofiati

Abstract


Sosis merupakan makanan yang sudah akrab dalam kehidupan masyarakat Indonesia karena rasanya enak. Makanan ini dibuat dari daging yang telah dicincang kemudian dihaluskan, diberi bumbu, dimasukkan ke dalam selonsong berbentuk bulat panjang simetris, baik yang terbuat dari usus hewan maupun pembungkus buatan (casing). Tujuan penelitian ini antara lain: menciptakan produk sosis dengan penambahan pewarna alami ubi ungu dan menilai karakteristik produk hasil olahan menggunakan uji sensori/uji organoleptik. Produk hasil diversifikasi akan diberi nama “Sosis janda”. Penelitian dilaksanakan di Laboraterium Fakultas Perikanan dan ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Pasifik Morotai pada tanggal 22 Oktober sampai 07 November 2022. Hasil dari penelitian ini bahwa diversivikasi sosis ikan tuna dengan penambahan pewarna Alani ubi ungu (Ipomea batatas L. Sin) berhasil dibuat. Karakterisasi produk ‘Sosis Janda’ dengan uji organoleptik yakni kenampakan produk cemerlang spesifik produk; aroma kuat spesifik jenis; rasa kuat spesifik produk; serta tekstur padat, kompak, dan cukup elastis.

Keywords


Kabupaten Pulau Morotai; pewarna alami; sosis ikan; ubi ungu

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/bjsj.v5i2.12939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Creative Commons License
Buletin Jalanidhitah Sarva Jivitam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
ISSN Print: 1978-032X, ISSN Online: 2716-2554

POLITEKNIK AHLI USAHA PERIKANAN
BADAN RISET DAN SUMBER DAYA MANUSIA KELAUTAN DAN PERIKANAN
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN

View My Stats

 Index by


 

Location: