Analisis Kandungan Formalin Ikan Asin Kakatua (Scarus dimidiatus) di Pasar Bertais Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat

Medal Lintas Perceka, Randi Bokhy Syuliana Salampessy, Niken Nurhaliza

Abstract


Penggunaan formaldehida dalam pengawetan ikan asin masih marak dilakukan di Indonesia. Formaldehida atau yang lebih dikenal dengan nama formalin merupakan zat berbahaya apabila dikonsumsi oleh tubuh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kandungan formalin dan karakteristik pedagang ikan asin Kakatua di Pasar Bertais, Kota Mataram, Kabupaten Lombok Timur. Ikan asin Kakatua yang beredar di Pasar Bertais diuji kandungan formalinnya menggunakan tes kit formalin dan spektrofotometer. Karakteristik pedagang ikan asin Kakatua diperoleh melalui kuesioner. Data hasil penelitian diolah secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ikan asin Kakatua yang beredar di pasar Bertais mayoritas positif mengandung formalin dengan kisaran mulai dari 2,71 – 25,44 ppm. Kandungan formalin ikan asin Kakatua di Pasar Bertais melebihi ambang batas aman yang telah ditetapkan American Conference of Governmental and Industrial Hygienists (ACGIH). Karakteristik pedagang ikan asin Kakatua di Pasar Bertais mayoritas berumur 41-50 tahun dan tidak tamat SD. Pedagang ikan asin Kakatua di Pasar Bertais berjenis kelamin laki-laki sebanyak 50% dan perempuan 50%. Mayoritas pedagang ikan asin Kakatua di Pasar Bertais tidak mengetahui bahaya formalin bagi kesehatan dan tidak mengetahui ciri-ciri ikan asin berformalin, oleh karena itu dibutuhkan sosialisasi dan pengawasan dari dinas terkait.

 


Keywords


formalin, ikan asin, ikan Kakatua (Scarus dimidistus)

Full Text:

PDF

References


Adrim, M. (2008). Aspek biologi ikan Kakatua (suku scaridae), Jurnal Oseana, 33(1): 41-50.

Alsuhendra, & Ridawati. (2013). Bahan toksik dalam makanan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arnold, A. (2021). Analisis usaha ikan kakatua (scaprus sp) asin di Desa Torosiaje Kabupaten Pohuwato. Skripsi. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan: Universitas Negeri Gorontalo.

Azka, A., Hasibuan, N.E., Ratrinia, P.W., Sumartini, S., Febyarandika, S., Shalichaty, S., & Basri, B. (2022). Analysys of formalin and microbial content in traditional and value-added processed fish products at Dumai City, Berkala Perikanan Terubuk, 50(2), 1545-1551.

[BSN] Badan Standarisasi Nasional. 2016. SNI 2354:2018. Penentuan kadar formaldehid bebas pada produk perikanan dengan spektrofotometer. Jakarta(ID): Dewan Standarisasi Nasional Indonesia.

Husnul, Asnani, & Isamu, K.T. (2022). Uji keamanan dan sensori ikan asin yang diperdagangkan di Pasar Landono Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, Journal Fish Protect, (5)1, 8-17.

Lestari, I., Pratiwi, G.S., & Yuliawati. (2022). Analisis kandungan formalin pada ikan asin kepala batu yang beredar di pasar tradisional Kota Jambi, Jurnal Ilmiah Manuntung, 8(1), 47-54.

Noorrela, L., & Munggaran, I.P. (2021). Analisa kualitatif formalin pada sampel ikan asin di pasar sederhana kota bandung. Food Scientia: Journal of Food Science and Technology, 1(1), 49-57.

Oheo, D.D., Tosepu, R., Yasnani. (2020). Analisis kadar formalin pada ikan asin di pasar tradisional Kota Kendari, Jurnal Kesehatan Lingkungan, 1(2), 76-81.

Rifaldi, I. (2018). Karakteristik daerah penangkapan ikan Kakatua (Scaridae) di Perairan Pulau Panggang dan sekitarnya. Skripsi. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan: Institut Pertanian Bogor.

Salim, S., Sipahutar, Y.H., Handoko, Y.P., Perceka, M.L., Bertiantoro, A., & Yuniarti, T. (2021). Pengetahuan pengolah ikan asin dan keberadaan formalin di sentra ikan asin di Desa Kronjo, Kabupaten Tangerang. Prosiding Simposium Nasional Kelautan dan Perikanan, 165-172. Makassar: Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin.

Surahy, J., Manyullei, S., & Natsir, M.F. (2020). Analisis perilaku penjual terhadap kandungan formalin ikan asin di pasar tradisional Kota Ambon. Hasanuddin Journal of Public Health, 1(1), 92-100.

Surya, A., Qoirina, Marliza, H. (2022). Analisis kualitatif kandungan formalin pada ikan asin di pasar tradisional Kota Pekanbaru, Jurnal Katalisator, 7(2), 268-276.

Tarumingi, T.T.S., Umboh, J.M., & Maddusa, S.S. (2021). Identifikasi kandungan formalin pada ikan asin di beberapa pasar tradisional di Kota Manado, Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, 10(4): 1-6.

Wulandari, S.W., Lessy, N.S., & Supriyatin, E. (2019). Uji kuantitatif kandungan formalin pada bahan pangan mentah di pasar tradisional Kota Yogyakarta, Bioma, 8(1), 315-323.

Yusra, Putri, S.G., & Handayani, L.D. (2023). Kajian keberadaan formalin dan boraks pada ikan asin di Nagari Sasak Kabupaten Pasaman Barat, Jurnal Katalisator, 8(1), 1-12.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/bjsj.v6i1.13489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Creative Commons License
Buletin Jalanidhitah Sarva Jivitam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
ISSN Print: 1978-032X, ISSN Online: 2716-2554

POLITEKNIK AHLI USAHA PERIKANAN
BADAN RISET DAN SUMBER DAYA MANUSIA KELAUTAN DAN PERIKANAN
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN

View My Stats

 Index by


 

Location: