KAJIAN TEKNIS PEMBESARAN UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) DI PT SURI TANI PEMUKA, BANYUWANGI - JAWA TIMUR

Deby Tiara Sandi, Sinung Rahardjo, Erni Marlina

Abstract


Udang vaname (L. vannamei) adalah komoditas yang berkembang pesat dengan keunggulan pertumbuhannya cepat, dan mempunyai harga pasar yang cukup tinggi dan secara ekonomi udang vaname memberikan kontribusi terhadap nilai ekspor hasil produksi perikanan di Indonesia yaitu sebesar 33,1%. Upaya yang dipenuhi untuk kebutuhan konsumsi yang berkualitas maka dibutuhkan pengelolaan teknis dan sumberdaya yang mencukupi serta diperlukannya teknologi yang tepat. Seiring berkembangnya teknologi, udang vaname (L. vannamei) telah dikembangkan dengan sistem intensif dan supra intensif. Salah satu potensi tambak di Indonesia adalah PT Suri Tani Pemuka, yang merupakan salah satu perusahaan yang aktif dalam memproduksi dan pengembangan budidaya udang yang telah menerapkan teknologi intensif. Pengamatan ini dilaksanakan di PT Suri Tani Pemuka, Banyuwangi pada tanggal 2 September sampai dengan 30 Oktober 2019. Tujuan pengamatan adalah mengevaluasi aspek teknis, performansi kinerja budidaya udang vaname, aspek finansial dan identikikasi masalah. Metode observasi dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data primer maupun sekunder. Aspek teknis dan performansi kinerja budidaya udang vaname di PT STP belum mencapai standar yang berlaku yang diterapkan oleh perusahaan yaitu rata-rata produkttivitas 82%, SR 78%, FCR 58%, ABW 0%, dan ADG 66%


Keywords


Aspek Teknis; Kinerja Budidaya; Identifikasi Masalah

Full Text:

PDF

References


Aedi, Nur. 2010. Pengolahan dan analisis data hasil penelitian. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Alamsyah, Firman. 2015. Analisis Akar Penyebab Masalah dalam Meningkatkan Overall Equipment Effectiveness (OEE) Mesin Stripping Hipack III dan Unimach di PT. PFI. Jurnal OE Vol. 7 No. 3. Hal. 289-302.

Mansyur, Abdul, Magampa. M, dan Suryanto S. H. 2014. Strategi pengelolaan pakan pada budidaya udang vaname (Litopenaeus vaname). Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Air Payau.

Mustafa, Akhmad. 2008. Desain, Tata Letak dan Konstruksi Tambak. Jurnal Media Akuakultur. Vol. 3 No.2. Hal. 166-174.

Nur, Abidin. 2011. Manajemen pemeliharaan vaname. Direktorat Jendral Perikanan Budidaya.

Ridlo, Ali dan Subagiyo. 2013. Pertumbuhan, Rasio Konversi Pakan dan Kelulushidupan Udang Litopenaeus vannamei yang Diberi Pakan dengan Suplementasi Prebiotik FOS (Fruktooligosakarida). Buletin Oseanografi Marina Oktober 2013 Vol. 12 No. 4. Hal. 1-8.

Rismahardi, Gea. G. 2012. Aplikasi Fishbone Analysis dalam Meningkatkan Kualitas Pare Putih di Aspakusa Makmur Kabupaten Boyolali. e-Jurnal Agrista Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Saefulhak, Asep. 2004. Metode pendugaan biomassa dan produktivitas udang vaname pada tambak biocrete. Skripsi. Institute Pertanian Bogor.

Sagita, andi, Hutabarat Johannes, dan Sri Rejeki. 2015. Strategi Pengembangan Budidaya tambak Udang Vanname (Litopenaeus vannamei) di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Journal of Aquaculture Management and Technology Volume 4, Nomor 3, Halaman 1-11

Sawhney. 2010. Growth Response and feed conversion efficiency of tor putitora (Ham.) Fry at Varying dietary protein levels. Department of zoology, University of jammu, India.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/bjsj.v2i1.8774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.







Creative Commons License
Buletin Jalanidhitah Sarva Jivitam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
ISSN Print: 1978-032X, ISSN Online: 2716-2554

POLITEKNIK AHLI USAHA PERIKANAN
BADAN RISET DAN SUMBER DAYA MANUSIA KELAUTAN DAN PERIKANAN
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN

View My Stats

 Index by


 

Location: