PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI MAHASISWA MILENIAL

Eli Nurlaela, Maman Hermawan, Erick Nugraha, Jaulim Sirait

Abstract


Pendidikan Kewarganegaraan adalah bagian penting dari sistem pendidikan yang bertujuan untuk membentuk warga negara yang memiliki pemahaman mendalam tentang nilai-nilai dan prinsip-prinsip dasar negara, serta memiliki kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai warga negara yang aktif, demokratis, dan bertanggung jawab.Pendidikan Kewarganegaraan memberikan wawasan kepada mahasiswa mengenai esensi kehidupan berbangsa dan bernegara. Melalui pemahaman ini, mahasiswa tidak hanya dapat mengenali landasan ideologis negara, tetapi juga dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Penting bagi generasi muda, termasuk mahasiswa, untuk memiliki semangat kebangsaan yang kuat dan mampu menghadapi pengaruh globalisasi. Pendidikan Kewarganegaraan membantu mengkonsolidasikan rasa cinta tanah air dan memperkuat identitas nasional. Dengan memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara, mahasiswa dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan negara, berkontribusi dalam masyarakat, serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Selain itu, aspek bela negara juga penting dalam pendidikan kewarganegaraan. Mahasiswa diberi pemahaman tentang pentingnya pertahanan dan keamanan negara, serta bagaimana peran mereka dalam menjaga kedaulatan dan integritas negara. Ini juga melibatkan pembelajaran mengenai tanggung jawab dalam situasi darurat.

Full Text:

PDF

References


Coupet, S. (2020). Valuing All Identities Beyond the Schoolhouse Gate: The Case for Inclusivity as a Civic Virtue in K-12. Michigan Journal of Gender & Law, 27.1, 1. https://doi.org/10.36641/mjgl.27.1.valuing

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset. (2016). Buku Ajar Mata Kuliah Wajib Umum Pendidikan Kewarganegaraan (1st ed.). Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Fahmi, R., Aisha Nadya, Nursanda Rizky Adhari, & Zindan Bainal Hubi. (2021). JPK : Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. JPK: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 33–42. https://doi.org/10.24269/jpk.v6.n2.2021.pp33-42

Hasni, Sapriya, & Erlina Wiyanarti. (2021). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Social Studies Sebagai Pembentukan Karakter Cerdas Bagi Generasi Muda Pada Masa Global. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum, & Pengajarannya, XVI(1), 86–93. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/supremasi.v16i1.20501

Hidayat, O. T., Muhibbin, A., Prasetiyo, W. H., Setyadi, Y. B., Yanzi, H., Drupadi, R., Johnstone, J. M. G., & Dewantara, J. A. (2020). Global citizen preparation: Enhancing early childhood education through Indonesian local wisdom. Universal Journal of Educational Research, 8(10), 4545–4554. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081023

Holimin, H., Dartono, D., & Prihantoro, D. (2021). Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Sistem Pertahanan Negara Melalui Pendidikan Bela Negara. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 3, 311–322. https://doi.org/10.54706/senastindo.v3.2021.148

Irayanti, I., Umar Yasin, Mila Afrilistiani, & Rizky Nur Indraswari. (2022). Peran Keluarga Dalam Menumbuhkan Jiwa Nasonalisme Generasi Muda. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 12(01), 21–25.

Irianto, A. M. (2013). Integrasi Nasional Sebagai Penangkal Etnosentrisme Di Indonesia. Humanika, 18(2), 1–9.

Jamilus, S. H. , M. H., Endah Kartina, S. Psi. , M. Si., Dr. Rachmat Trijono, S. H. , M. H., Dra. Evy Djuniarti, M. H., Firdaus, S. Sos. , M. H., Muhaimin, S. H., Citra Krisnawaty, S. H. , M. H., Muhammad Fedian, S. I. P., Ester Istyaningrum, S. Sos. , M. S., Ulya FajriAmriyeny, S. H., Jody Imam Rafsanjani, SH., Windi Kumoratih Kusumo Putri, S., & Ade Ruhanda, S. I. P. (2021). Kehilangan Kewarganegaraan Indonesia Berdasarkan Uu Nomor 12 Tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia (S. E. , M. M. Oki Wahju Budijanto, Ed.; 1st ed., pp. 1–144). Balitbangkumham Press.

Jaya, A. A. (2021). Keputusan Mahamah Konsttusi (Mk) Atas Kemenangan Bupati Terpilih Sabu Raijua Yang Terbukti Warga Amerika Serikat.

Khoeri, H. M. (2020). Peran Masyarakat Untuk Bela Negara Dalam Menghadapi Covid 19 (The Role Of The Community To Defend The Country In Dealing With Covid 19) [Djuanda University]. https://ssrn.com/abstract=3633778

Kokotiasa, W. (2021). Korelasi Otonomi Desa dalam Proses Globalisasi. Jurnal Administrasi Pemerintahan Desa, 2(1), 11–23. https://doi.org/10.32669/village

Lestari, G. (2015). Bhinnekha Tunggal Ika: Khasanah Multikultural Indonesia Di Tengah Kehidupan Sara. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 28(i), 31–37.

Maftuh, B. (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dan Nasionalisme Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Educationist, II(2), 134–144.

Mohtar, M. H. (2019). Model Politik Hukum Pemberantasan Korupsi Di Indonesia Dalam Rangka Harmonisasi Lembaga Penegak Hukum. Jambura Law Review (JALREV), 1(1), 68–93.

Mudana, I. N., & Dwaja, I. G. N. (2014). Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti: Buku Siswa / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mukhtori, M., & Rahim, A. (2020). Kualifikasi Calon Legislatif dalam Sistem Proporsional Terbuka Menurut Pandangan Fiqih Siyasah. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i, 7(9), 825–842. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i9.16594

Nurgiansah, T. H., & Rachman, F. (2022). Nasionalisme Warga Muda Era Globalisasi: Pendidikan Kewarganegaraan di Perbatasan. Jurnal Kewarganegaraan, 19(1), 66–75. https://doi.org/10.24114/jk.v19i1.33214

Nuryanti, S. (2020). Peran Masyarakat Untuk Bela Negara Dalam Menghadapi Covid-19 [Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Insan Kamil]. https://ssrn.com/abstract=3575583

Pratama, N. I., & Hasan, S. (2020). Hak Dan Kewajiban Warga Negara Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara Berdasarkan Pancasila Dan UUD 1945.

Pursika, I. N. (2009). Kajian Analitik Terhadap Semboyan “Bhinneka Tunggal Ika.” Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 42(I), 15–20.

Putri, M. P. (2016). Peran Komisi Pemilihan Umum Dalam Sosialisasi Pemilu sebagai upaya Untuk Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat Pada Pemilu Presiden 2014 di Kalimantan Timur. Ejournal Ilmu Komunikasi , 4(1), 30–43.

Putri, V. M. (2022). Wawasan Nusantara dalam Pertahanan dan Keamanan. 2022.

Rahayu, M. P., Tyesta ALW, L., & Herawati, R. (2017). Sistem Proporsional Dalam Pemilihan Umum Legislatif Di Indonesia. Diponegoro Law Journal, 6(2).

Rahayu, S. K. (2021). Penguatan Kesadaran Bela Negara Pada Remaja Milenial Menuju Indonesia Emas. Pedagogika, 12(2), 134–151.

Ratih, L. D., & Najicha, F. U. (2021). Jurnal Global Citizen Wawasan Nusantara Sebagai Upaya Membangun Rasa Dan Sikap Nasionalisme Warga Negara : Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Global Citizen, X(2), 59–64. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/glbctz/article/view/....http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/glbctz/article/view/....

Ratnasara, S. E. (2019). Pengaruh Penerapan Sistem Proporsional Terbuka Pada Kualifikasi Calon Legislatif. UIN Syarif Hidayatullah.

Raulaelika Fauzan, A., Heldiansyah Ripdia, A., Zahra, A. (2021). Demokrasi, Keadilan, Dan Utilitarianisme Dalam Upaya Legitimasi Kekuasaan Birokrasi. Jurnal Dialektika : Jurnal Ilmu Sosial, 19(1), 1–12. http://jurnaldialektika.com

Sangkakala, M., Suhardono, E., & Dohamid, A. G. (2020). Peran Rindam Jaya Dalam Meningkatkan Pemahaman Kesadaran Bela Negara Di Kalangan Generasi Muda Wilayah DKI Jakarta. Jurnal Strategi Pertahanan Darat, 6(1), 45–64. https://nasional.kompas.com/read/2019/08/24/

Septiano, A. K., & Najicha, F. U. (2022). Upaya Peningkatan Rasa Nasionalisme Dengan Pendidikan Kewarganegaraan Kepada Generasi Muda Di Era Perkembangan Teknologi. Jurnal Global Citizen Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, XI(1), 63–66. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39. https://doi.org/https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Syafar, M. (2017). Modal Sosial Komunitas Dalam Pembangunan Sosial. Lembaran Masyarakat Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 3(1), 1–22. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/lbrmasy/article/view/530

Watuwaya, E. R. P. (2021). Integrasi Nasional Sebagai Salah Satu Parameter Persatuan dan Kesatuan Bangsa Negara Republik Indonesia.

Widiatama, Hadi Mahmud, & Suparwi. (2020). Ideologi Pancasila Sebagai Dasar Membangun Negara Hukum Indonesia. Jurnal USM Law Review, 3(2), 310–327. https://doi.org/10.26623/jic.v4i2.1654

Winataputra, U. S. (2014). Diskursus Aktual Tentang Paradigma Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dalam Konteks Kurikulum 2013. Seminar Nasional AP3KNI, 1–12.

Zaini, A. (2018). Demokrasi: Pemerintah Oleh Rakyat Dan Mayoritas. Al Ahkam, 14(2), 25–41.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/amafrad.v0i0.13181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.