SANITASI DAN HIGIENE PADA PROSES PENGOLAHAN BAKSO TUNA DI POKLAHSAR LAMADANG

Meilya Suzan Triyastuti, Mohamad Djaeni, Dolfie Djefrie Kaligis, Nova Magdalena Tumanduk, Fidel James Ticoalu, Fernando Wowiling

Abstract


Sanitasi dan hygiene merupakan syarat penting pada standar keamanan produk. Syarat untuk menghindari kontaminasi langsung dan pemalsuan produk pangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sanitasi dan hygiene pada Poklahsar Lamadang di Kecamatan Girian, Kota Bitung. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif.  Data penelitian diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara terkait sanitasi dan hygiene. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sanitasi dan hygiene pada pengolah bakso Ikan Tuna di Poklahsar Lamadang telah memenuhi standar sanitasi dan hygiene pada pengolahan pangan.


Keywords


Bakso, hygiene, ikan tuna, sanitasi

Full Text:

PDF

References


Arisman. (2012). Buku Ajar Ilmu Gizi: Keracunan Makanan. Jakarta: ECG.

Cruz, A.G., Cenci, S.A., Maia, M.C.A. (2006). Quality assurance requirements in produce processing. Trends Food Sci. Technol. 17, 406–411.

Departemen Kesehatan RI. (2006). Departemen Kesehatan nomor 492/Menkes/Per/IV/2010

Dermawan, A. (2017). Sekretaris Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut. Kementerian Kelautan dan Perikanan. Jakarta.

Dinas Perikanan Bitung. (2020). Data sekunder yang diperoleh secara langsung di Kantor Dinas Perikanan Bitung.

Firdausi, F., Rahardjo, M., Darundiati, Y. H. (2017). Hubungan Kondisi Sanitasi Dan Personal Higiene Pekerja Dengan Jumlah Angka Kuman Pada Ikan Asap Di Bandarharjo Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Vol 5. No. 5

Firmanila, T., Ramdlani, S., dan Yatnawijaya, B. (2016). Pengembangan Bangunan Industri Makanan Olahan Buah Belimbing di Desa Karangsari Blitar . Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur. Volume 2 No 4.

Harris, H., Liuhartana, R. (2011). Desain kemasan untuk meningkatkan fungsi dan tampilan kemasan seluang kering (pundang). Jurnal Ilmu Perikanan dan Budidaya Perairan. 6(1): 27-40.

Pramana, P. E., Pangemanan, S., Egeten, M. (2017). Kebijakan Pemerintah Kota Dalam Menggali Pendapatan Asli Daerah Di Sektor Perikanan Kota Bitung. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan Volume 2 No. 2

Pudjirahaju, A. (2017). Pengawasan Mutu Pangan. Bahan Ajar Gizi. Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan Badan Pengembangan Dan Pemberdayaan Sumberdaya Manusia Kesehatan

Wahyuni, M. (2004). Angka Lempeng Total pada Makanan Jajanan Berbahan Baku Tepung di Sekolah Kota Samarinda. Tugas Akhir. Samarinda : STIKES Muhammadiyah.

Wibowo. (2006). Pembuatan Bakso Ikan dan Bakso Daging. Jakarta : PT Penebar Swadaya.

Yahiya, A. S. M., Mustafa, M. G., Alam, M. J., Kamruzzaman, A. S. M., Mollah, A. K. (2012). Seed and seedling quality of onion (Allium cepa L) as affected by types of storage containers. Journal of Experimental Bioscience. 3(2): 19-24.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/aj.v4i1.10741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Citation

           

Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai

Jl. Wan Amir No. 1, Kel. Pangkalan Sesai, Kec. Dumai Barat, Kota Dumai

Telp/Fax: (0765) 4300443

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats