KERAGAMAN JENIS IKAN PADA ALIRAN SUNGAI BEDUAI KABUPATEN SANGGAU KALIMANTAN BARAT

Dhini Ramadhani, Mardan Adijaya, Fitra Wira Hadinata

Abstract


Kalimantan Barat Merupakan salah satu daerah yang dijuluki Provinsi Seribu Sungai. Sungai Beduai merupakan salah satu sungai yang melintasi Kabupaten Sanggau. Sungai Beduai dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kebutuhan air rumah tangga dan memiliki potensi sumberdaya perikanan. Namun informasi terkait keragaman ikan di Sungai Beduai ini masih kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Keragaman Sumberdaya Ikan. Lokasi pengambilan sampel dibagi menjai tiga stasiun yang dibedakan berdasarkan tata guna lahan. Analisis data yang digunakan meliputi kelimpahan relatif, keanekaragaman, keseragaman, dan dominansi. Kelimpahan relatif ikan tertinggi yaitu ikan Seluang (Rasbora argyrotaenia) dengan nilai 29,47% yang berasal dari familli Cyprinidae. Indeks keanekaragaman ikan di Sungai Beduai sebesar 2,3 yang masuk dalam kategori keanekaragaman sedang. Nilai indeks keseragaman ikan sebesar 0,81 yang masuk dalam kategori keseragaman tinggi. Nilai indeks dominansi ikan sebesar 0,14 tergolong sedang, menunjukan tidak ada jenis ikan yang mendominansi.


Keywords


Keragaman jenis, Sungai Beduai, sumberdaya ikan

Full Text:

PDF

References


Adis MA, Setyawati TR dan Yanti AH. 2014. Keragaman Jenis Ikan Arus Deras di Aliran Riam Banagar Kabupaten Landak.Jurnal Protobiont. 3 (2) : 209-217.

Buwono N. R, Fariedah F dan E. A Riski. 2017. Komunitas Ikan di Sungai Jerowan Kabupaten Madiun. Jurnal of Aquaculture and Fish Healt, 6 (2) : 81-89.

Effendi H., 2003. Telaah Kulaitas Air Bagi Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Perairan. Yogyakarta, Kanisus.

Heriman, M. 2006. Struktur komunitas Ikan Yang Berasosiasi Dengan Ekosistem Padang Lamun Di Perairan Tanjung Merah, Sulawesi Utara. Skripsi.Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelutan Institut Pertanian Bogor.

Kordi K, M. G. H. 2010. Budidaya Ikan Air Tawar. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Kottelat, M., A.J. Whitten, S.N. Kartikasari & S. Wiroatmodjo. 1993. Freshwater Fishes of Western Indonesia and Sulawesi. Edisi Dwi Bahasa Inggris Indonesia. Periplus Edition (HK) Ltd. Bekerjasama dengan Kantor Menteri KLH, Jakarta, Indonesia.

Odum, E. P. 1998. Dasar-Dasar Ekologi. Gajah Mada University Press: Yogyakarta

Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2001 tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air. Jakarta, Sekertariat Negara

Setyobudiandi I., Sulistiono., F. Yulianda., C.Kusmana,C., S. Hariyadi.,A. Damar., A.Sembiring dan Bahtiar. 2009. Sampling dan Analisis Data Perikanan dan Kelautan; Terapan Metode Pengambilan Contoh di Wilayah Pesisir dan Laut. Bogor : Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB.

Sriwidodo D.W.E., A. Budiharjo dan Sugiyarto. 2013. Keanekaragaman jenis ikan di kawasan inlet dan outlet Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Bioteknologi. 10 (2): 43-50.

Supartiwi, E. N. 2000. Karakteristik Komunitas Fitoplankton dan Perifiton Sebagai Indikator

Kualitas Lingkungan Sungai Ciujung, Jawa Barat. Skripsi. Program Studi

Manajemen Sumberdaya Perairan. Institut Pertanian Bogor.

Suryadi K.S., Junardi., Setyawati T. R. 2019. Keanekaragaman Jenis Ikan di Hilir Sungai Sekadau Kalimantan Barat. Jurnal Protobiont.8 (2): 82-87

Wulandari K, Asriyana, Halili. 2018. Struktur Komuitas Ikan di Perairan Rawa Aopa Kecamatan Angata Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara. Jurnal Manajemen Sumberdaya Perairan, 3(1), 75-81

Yunita, 2010. Karakteristik Perairan Rawa Bangkau dan Keanekaragaman Ikan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Ecotrophi, 5(1), 34-40.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/aj.v4i1.11048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Citation

           

Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai

Jl. Wan Amir No. 1, Kel. Pangkalan Sesai, Kec. Dumai Barat, Kota Dumai

Telp/Fax: (0765) 4300443

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats