KAJIAN PERAWATAN SISTEM PELUMASAN GUNA MENUNJANG KINERJA MESIN INDUK KM. SUMBER BARU DI PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA SIBOLGA

Mula Tumpu, Riski Rahmat, Juniawan Preston Siahaan, Yuniar Endri Priharanto, M. Zaki Latif Abrori, Bobby Demianto, Dendi Haris, Andie Murtono

Abstract


Potensi sumberdaya perikanan laut provinsi sumatera utara secara umum belum tergarap secara maksimal, Kapal merupakan sarana dalam upaya penangkapan ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan membuat standart operasional prosedur perawatan sistem pelumasan mesin induk pada kapal KM.Sumber Baru di Pelabuhan Perikanan Nusantara Sibolga guna menunjang kinerja operasional penangkapan ikan. Fungsi pelumasan pada mesin induk adalah untuk mengurangi keausan pada benda-benda yang bergerak dan bergesekan terhadap satu sama lain serta mengurangi panas yang berlebihan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survei, dengan pendekatan secara deskriptif dan pendekatan secara kuantitatif. Sistem pelumasan di KM. Sumber Baru menggunakan jenis Sugilube CF SAE 40W (winter). Perawatan sistem pelumasan pada kapal KM.Sumber baru adalah perawatan berkala dan perawatan rutin yang terdiri dari: memeriksa tangki minyak pelumas secara rutin, membersihkan saringan minyak pelumas secara rutin, membongkar dan membersihkan auto Saringan dan pendinginannya secara berkala, memeriksa kualitas minyak pelumas setiap 1200 jam Kerja, memeriksa saluran pipa minyak pelumas secara berkala.


Keywords


Mesin Utama, Perawatan, Sistem Pelumasan

Full Text:

PDF

References


Arika. (2011). Analisis Kandungan Karbon Monoksida (Co) Pada Mesin Diesel Dan Bensin.Vol 5 No 2 tahun 2011.

Bangun, R. H. B. (2018). Determinan Produksi Ikan Tangkap Di Kota Sibolga. Jurnal Agrica, 11(1), 28-38.

Hendrawan1, A. (2020). PENGARUH TURBOCHARGER. Majalah Ilmiah Gema Maritim Vol 22 No 1 tahun 2020, 22, 44-48.

Ridwan, M. (n.d.). Analisa Penurunan Daya yang Dihasilkan Mesin Bantu Guna Meningkatkan. : https://doi.org/10.36101/pcsa.v2i1.138, 166-173.

Sutrini, A., Rizwan, R., & Kandi, O. (2018). Identifikasi Fasilitas Fungsional Pelabuhan Perikanan Nusantara Kota Sibolga, Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kelautan Perikanan Unsyiah, 3(2).

Sofiyanti, N., & Suartini, S. (2016). Pengaruh Jumlah Kapal Perikanan dan Jumlah Nelayan Terhadap Hasil Produksi Perikanan di Indonesia. Accounthink: Journal of Accounting and Finance, 1(01).




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/aj.v4i1.11080

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Citation

           

Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai

Jl. Wan Amir No. 1, Kel. Pangkalan Sesai, Kec. Dumai Barat, Kota Dumai

Telp/Fax: (0765) 4300443

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats