POLA PERTUMBUHAN IKAN KEMBUNG LELAKI (Rastrelliger kanagurta) YANG DIDARATKAN DI PPP LABUAN, BANTEN

Iya Purnama Sari, Aditya Bramana, Siti Mira Rahayu

Abstract


Ikan kembung lelaki merupakan salah satu jenis ikan pelagis kecil yang memiliki nilai ekologis dan ekonomis yang didaratkan di PPP Labuan, Pandeglang-Banten Tingginya aktivitas penangkapan terhadap ikan kembung lelaki membuat perlunya pengetahuan mengenai aspek pertumbuhan ikan tersebut di antaranya yaitu pola pertumbuhan dan distribusinya. Penelitian ini dilakukan selama 12 bulan dari bulan Oktober 2015 hingga September 2016 dari hasil tangkapan yang didaratkan di PPP Labuan, Banten. Pola pertumbuhan ikan kembung lelaki dihitung dengan menghubungkan pertumbuhan panjang dan pertambahan bobot. Pola pertumbuhan ikan kembung lelaki jantan adalah W = 4E-05L2,754 dengan nilai R2 sebesar 92,4%. Pola pertumbuhan ikan kembung lelaki betina selama satu tahun adalah W = 7E-05L2,668 dengan nilai R2 sebesar 93,2%. Sedangkan, pola pertumbuhan ikan kembung lelaki gabungan (jantan dan betina) adalah W = 5E-05L2,724 dengan nilai R2 sebesar 92,8%. Pola pertumbuhan allometrik negatif pada bulan Oktober sampai Februari, April dan Agustus menunjukkan bahwa pertumbuhan panjang lebih cepat daripada bobot. Pola pertumbuhan allometrik positif pada bulan Mei dan Juni artinya pertumbuhan bobot lebih cepat daripada pertumbuhan panjang. Sementara pola pertumbuhan isometrik yang terjadi pada bulan Maret dan Juli menunjukkan bahwa pertumbuhan antara panjang dan bobot yaitu seimbang.


Keywords


Allometrik; Ikan Kembung Lelaki; Isometrik

Full Text:

PDF

References


Chirastit, C. 1962. Progress report on tagging experiment of chub mackerel (Rastrelliger spp.) in The Gulf of Thailand in The Year 1961. IPFC. Proceeding 10th Session Section II 1962: 22-23.

Effendie MI. 2002. Biologi Perikanan. Yogyakarta (ID): Yayasan Pustaka Nusantara.

Fandri D. 2012. Pertumbuhan dan Reproduksi Ikan Kembung Lelaki (Rastrelliger kanagurta Cuvier 1817) Di Selat Sunda [skripsi]. Bogor (ID): Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.

Gonzales, B. J., Palla H. P., dan H. Mishina. 2000. Length-weight relationship of

five serranids from Palawan Island. Philippines. The ICLARM Quarterly. 23(3): 26-28.

Lee, J. W. 2010. Pengaruh periode hari bulan terhadap hasil tangkapan dan tingkat pendapatan nelayan bagan tancap di kabupaten serang. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Institut Pertanian Bogor. Bogor .

Mahendratama, P. 2011. Laju eksploitasi dan variasi temporal keragaan

reproduksi ikan banban Engraulis grayi (Bleeker, 1851) betina di pantai

utara Jawa (Oktober-Maret). Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Mosse, J.W., dan Hutabessy, B.G. 1996. Umur Pertumbuhan dan Ukuran Pertama Kali Matang Gonad Ikan Kembung (Rastrelliger kanagurta) dari Perairan Pulau Ambon dan Sekitarnya. Jurnal Sains dan Teknologi Universitas Pattimura. 1: 2-23.

Perdanamihardja YMM. 2011. Kajian Stok Ikan Kembung Lelaki (Rastrelliger kanagurta Cuvier 1817) Di Perairan Teluk Jakarta, Provinsi DKI Jakarta [skripsi]. Departemen Bogor (ID): Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.

Rifqie GL. 2007. Analisis Frekuensi Panjang Berat Ikan Kembung Lelaki (Rastrelliger kanagurta) di Teluk Jakarta [skripsi]. Bogor (ID): Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.

Sari, I.P., Zairion, Wardiatno, Y. 2019. Keragaman Sumberdaya Ikan Non Target Perikanan Rajungan di Pesisir Lampung Timur. Jurnal Biologi Tropis. 19(1):8-13.

Zen, M. 2006. Pengkajian zona potensial penangkapan ikan kembung

(Rastrelliger spp) di kabupaten asahan, Sumatra Utara. Fakultas

Perikanan dan Ilmu Kelautan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/aj.v4i1.11413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Citation

           

Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai

Jl. Wan Amir No. 1, Kel. Pangkalan Sesai, Kec. Dumai Barat, Kota Dumai

Telp/Fax: (0765) 4300443

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats