KOMPOSISI HASIL TANGKAPAN KAPAL GILLNET DI PANGKALAN PENDARATAN IKAN KARANGSONG KABUPATEN INDRAMAYU (STUDI KASUS: KM ANDORA B)

Beta Indi Sulistyowati, Ully Wullandari

Abstract


Salah satu alat penangkapan ikan yang memiliki prospek baik untuk dikembangkan di Indonesia pada saat ini adalah gill net. Alat ini memiliki produktifitas dan efektifitas yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan berbagai alat penangkapan ikan lainnya karena dalam pengoperasianya dapat menangkap ik an dalam jumlah yang besar (Baithur, 2015). Jenis ikan yang tertangkap dengan Gill net adalah ikan-ikan dasar dan ikan demersal seperti layang, cakalang, kembung dan lain-lain. Selain ikan dasar dan ikan demersal tujuan penangkapan Gill net. Tidak hanya ikan saja udang, lobster, kepiting, juga terjerat oleh Gill net. Tujuan dilaksanakannya penelitian  ini  adalah untuk mengetahui komposisi dan jenis ikan hasil tangkapan Gill net baik yang target, bycatch/sampingan, dan discard/dibuang. Dalam sekali trip kapal gillnet beroperasi selama 30 hari, setting dilakukan sebanyak 1 kali dalam sehari dalam waktu 1 – 2 jam, kemudian dilanjutkan immarsingmenunggu jaring di naikan ke atas kapal, dan dilanjutkan dengan hauling selama 9 jam.


Keywords


Gillnet, hasil tangkapan, pengoperasian

Full Text:

PDF

References


Baithur Syarif . 2015. Hudring . Terbitan Balai Besar Penangkapan Ikan .

Bapenelitians. 2011. Variabilitas Hasil Tangkapan Jaring Insang Tetap Hubungannya Dengan Kondisi Oseanografi . Skripsi Fakultas Ilmu Kelautan Dan Perikanan.

Emmanuel, Babantunde Eniola And Chukwu, Lucian Obinna. (2010). Evaluating The Selective Peformances Of Gill Net Used In Tropical Low Brackish Lagoon South Western Nigeria . Nigeria : Journal Of American Science.

Gelman . 2001. Effect Of Storage Temperature And Preservative Treatment On Shelf Life Of The Pond Raised Freshwater Fish, Silver Perch . Bidyanus : Journal Food Protection

Iporenu. 2013. Analisis Perbandingan Hasil Tangkapan Bottom Set Gill Net Dengan Umpan Ikan Petek Segar Dan Asin Di Perairan Jepara Jawa Tengah . Mahasiswa Program Studi Pemanfaat Sumber Daya Perikanan

Martasuganda S. 2002. Teknologi Penangkapan Jaring Insang . Insitut Pertanian Bogor.

Martasuganda 2009. Jaring Insang Gillnet Serial Teknologi Penangkapan Ikan Berwawasan Lingkungan.Bogor : Insitut Pertanian Bogor .

Naibaho. 2013. Pengaruh Basis Salep Terhadap Formulasi Sediaan Salep Ekstrak Daun Kemangi . Pada Kulit Punggung Kelinci Yang Dibuat Infeksi Staphylococus Aureus , Vol 2 No. 02.

Nelwan. 2004. Pengembangan Kawasan Perairan Menjadi Daerah Penangkapan Ikan . Makalah Pribadi Falsafah Sains.

Okonta And J Ekelemu. 2005. Preliminary Study Of Micro Organism Associated With Fish Spoilage In Asaba . 557-560.

Sudirman Dan A Mawalla. 2004. Teknik Penangkapan Ikan . Renika Cipta.

Suharso.2006. Cerebral Palsy Diagnosa Dan Tata Laksana . Openurica Creative Multimedia, Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/aj.v4i1.11530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Citation

           

Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai

Jl. Wan Amir No. 1, Kel. Pangkalan Sesai, Kec. Dumai Barat, Kota Dumai

Telp/Fax: (0765) 4300443

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats