RANCANG BANGUN PANEL AUTOMATIC TRANSFER SWITCH (ATS) PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA SEBAGAI CATU DAYA KINCIR AIR PADA TAMBAK PERIKANAN

Bobby Demeianto, Rizqi Ilmal Yaqin, Juniawan Preston Siahaan, Yuniar Endri Priharanto, M Zaki Latif Abrori, Mula Tumpu, Aqshal Ilham Fadiga, Taufan Mahendra

Abstract


Rancang bangun panel Automatic Transfer Switch (ATS) untuk aplikasi pada PLTS di Tambak Perikanan belum banyak dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang bangun panel ATS yang akan diaplikasikan pada sistem PLTS dan sistem kelistrikan lainnya atau dalam hal ini adalah sumber listrik yang berasal dari Perusahaan Listrik Negara (PLN). Metode penelitian ini dilakukan dengan melakukan perancangan dan pembuatan panel ATS yang diaplikasikan pada sistem kelistrikan gabungan antara PLTS dengan listrik PLN dimana kedua sistem kelistrikan tersebut akan dipergunakan sebagai catu daya utama sebagai sumber listrik untuk motor kincir air pada tambak udang. Pengujian panel ATS dilakukan dengan cara mengoperasikan motor kincir air selama 24 jam dengan sumber listrik utama adalah berasal dari sistem PLTS off-grid atau berasal dari muatan listrik yang tersimpan di dalam baterai. Sistem panel ATS ini diujikan pada 1 unit motor kincir air berkapasitas 1 HP yang dalam penggunaannya umumnya dipergunakan untuk meningkatkan sumber oksigen terlarut pada budidaya tambak perikanan. Dari hasil pengujian tersebut didapatkan bahwa perpindahan interkoneksi antara sistem Baterai dengan listrik PLN pada panel ATS tidak mengganggu kinerja dan operasional dari motor kincir air. Perancangan dan pembangunan panel ATS pada interkoneksi 2 sumber kelistrikan pada sistem PLTS dan sistem PLN ini dapat menjadi informasi baru guna meningkatkan penggunaan sumber listrik dengan energi baru terbarukan pada tambak budidaya perikanan.


Keywords


Aerator, automatic transfer switch, tenaga surya

Full Text:

PDF

References


Alimuddin, & Rumalutur, S. (2018, November). Analisis pengembangan panel ACOS (Automatic Change Over Switch) pada genset menggunakan PLC Omron CP1E-E30DR-A. Jurnal Electro Luceat.

Asriyadi, Indrawan, A. W., Pranoto, S., Sultan, A. R., & Ramadhan, R. (2016, Nopember). Rancang Bangun Automatic Transfer Switch (ATS) Pada PLTS dan PLN serta Genset. ELEKTRIKA, 225-235.

Bahri, S., Setiawan, R. P., Hermawan, W., & Yunior, M. Z. (2014, April). Perkembangan Desain dan Kinerja Aerator Tipe Kincir. Jurnal Keteknikan Pertanian, 9-16.

Cahyono, D. D., Haryudo, S. I., Suprianto, B., & Widyartono, M. (2020). Studi Literatur : Sistem Panel Surya Menggunakan Automatic Transfer Switch dan Solar Tracking. Jurnal Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya, 741-750.

Damayanti, E., & Iyas, M. (2018, Januari). Rancang Bangun Prototype Sistem Panel ATS Hibrid Antara Turbin Angin Dan Solar Sell Dengan Grid Pln Untuk Energi Listrik Rumah Dengan Daya 456W. TEDC, 23-30.

Diantari, R. A., Erlina, & Widyastuti, C. (2017, Juni-Desember). Studi Penyimpanan Energi Pada Baterai PLTS. Jurnal Energi dan Kelistrikan, 120-125.

Harisjon, Tashwir, Subiantoro, R. A., Samsi, & Hermansyah, B. (2021, Oktober). Penerapan Kincir Air Tenaga Surya Untuk Tambak Udang Vanname. AURELIA JOURNAL, 1-9.

Hendarto, D., & Rozali. (n.d.). Rancang Bangun Panel Automatic Transfer Switch (ATS) dan Automatic Main Failure (AMF) Kapasitas 66 KVA. Universitas Ibn Khaldun Bogor, 21-32.

Idris, A. R., Thaha, S., & Tato, S. (2018). Studi Ekonomis Perencanaan PLTS Stand Alone Untuk Penggerak Motor Kincir Air Pada Tambak Udang. Prosiding Seminar Hasil Penelitian (SNP2M), 61-65.

Indrawan, A. W., Hamma, Syarif, M. I., & Rudito, H. (2015). Perancangan Panel ATS/AMF Tiga Fasa Menggunakan Smart Relay Dengan Pembatasan Daya Maksimum 10000 VA. Prosiding Seminar Nasional Teknik Elektro & Informatika SNTEI 2015 (pp. 297-302). Makassar: PNUP.

Iskandar, H. R., Elysees, C. B., Ridwanulloh, R., Charisma, A., & Yuliana, H. (2021, Juli). Analisis Performa Baterai Jenis Valve Regulated Lead Acid Pada PLTS Off-Grid 1 KWP. Jurnal Teknologi, 129-140.

Kandariswanto, Pambudi, P. E., & Syafriyudin. (2019, Juni). Analisis Panel Automatis Transfer Switch Untuk Back Up Daya Listrik Rumah Tangga 250 Watt Menggunakan Teknologi Solar Cell. Jurnal Elektrikal, 35-40.

Luthfi, H., Nirmala, K., Effendi, I., & Astuti, Y. P. (2022, Juni). Analisis Kesesuaian Perairan Untuk Pengembangan Kawasan Tambak Udang Vaname (Litopenaeus Vannamei) Di Kelurahan Sungai Geniot Kota Dumai. Jurnal Ilmu-ilmu Perikanan dan Budidaya Perairan, 1-11.

Majid, A., Eliza, & Hardiansyah, R. (2018, Maret). Alat Automatic Transfer Switch (ATS) Sebagai Sistem Kelistrikan Hybrid Sel Surya Pada Rumah Tangga. Jurnal Surya Energy, 172-178.

Makmur, Suwoyo, H. S., Fahrur, M., & Syah, R. (2018, Desember). Pengaruh Jumlah Titik Aerasi Pada Budidaya Udang Vaname, Litopenaeus vannamei. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis, 727-738.

Nugraha, I. M., Desnanjaya, I. G., Serihollo, L. G., & Siregar, J. S. (2020, Juni). Perancangan Sistem Hibrid PLTS dan Generator Sebagai Catu Daya Tambahan Pada Tambak Udang Vaname: Studi Kasus Politeknik Kelautan dan Perikanan Kupang. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 121-125.

Radwitya, E., & Chandra, Y. (2020, Juni). Perencanaan Plts On Grid Dilengkapi Panel Ats Di Laboratorium Teknik Elektro Politeknik Negeri Ketapang. EPIC (Journal of Electrical Power, Instrumentation and Control), 52-58.

Ramadhani, I. B. (2018). Instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya Dos & Don'ts. Jakarta: Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ).

Rasmini, N. W. (2013, Maret). Panel Automatic Transfer Switch (Ats) – Automatic Main Failure (Amf) Di Perumahan Direksi BTDC. Jurnal Logic, 16-22.

Rozi, A. F., Agung, A. I., Widyartono, M., & Hermawan, A. C. (2021). Penerapan Pembangkit Hybridsebagai Penggerak Kincir Air Pada Tambak Udang. Jurnal Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya, 91-98.

Sofiah, & Apriani, Y. (2019, Juni). Pengaturan Kecepatan Motor AC Sebagai Aerator Untuk Budidaya Tambak Udang Dengan Menggunakan Solar Cell. Jurnal Ampere, 209-221.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/aj.v4i2.11686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Citation

           

Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai

Jl. Wan Amir No. 1, Kel. Pangkalan Sesai, Kec. Dumai Barat, Kota Dumai

Telp/Fax: (0765) 4300443

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats