PERAWATAN FRESH WATER COOLER PADA SISTEM PENDINGINAN MESIN DIESEL PENGGERAK GENERATOR LISTRIK DI KAPAL NAVIGASI MILIK DISTRIK NAVIGASI KELAS I AMBON
Abstract
diatas kapal. Mesin diesel adalah salah satu mesin pembakaran dalam yang menghasilkan energi gerak dan
energi panas. Panas berlebihan pada mesin mengakibatkan kerusakan mesin. Untuk mencegah panas yang
berlebihan pada mesin diesel maka diperlukan pendinginan yang tepat, salah satu komponen yang bertugas
sebagai pendingin mesin adalah fresh water cooler (FWC) berupa heat exchager. Gagalnya FWC untuk
mendinginkan air tawar sebagai media pendingin mesin mengakibatkan kerusakan mesin. Perawatan FWC
merupakan tindakan untuk mengembalikan kemampuan FWC pada kondisi yang prima untuk mendinginkan
fresh water dan mencegah terjadinya kegagalan mesin akibat temperatur mesin yang melebihi batas yang
ditentukan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tindakan perawatan yang
dilakukan pada FWC sistem pendinginan mesin diesel penggerak generator listrik menggunakan metode studi
kasus yang pada kapal navigasi, hasil penelitian dipaparkan secara diskriptif. Kesimpulan penelitian ini
perawatan FWC pada kapal navigasi sudah berjalan dengan baik, dilaksanakan sesuai instruksi kerja petunjuk
mesin, sesuai jadwal, hasil perawatan didapat temperatur mesin kembali sesuai dengan yang diharapkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abrori, M. Z. L., Priharanto, Y. E., Prasetyo, D., & Muhfizar. (2018). Preliminary Hazard Analysis dan
Fault Tree Analysis untuk Identifikasi Penyebab Kegagalan Sistem Pelumas Mesin Induk Kapal
Penangkap Ikan. Jurnal Airaha, VII (2), 77–87. Retrieved from
http://jurnalairaha.org/index.php/airaha/article/download/94/78.
Aisyah, S. N. (2016). Hubungan Kepatuhan Instruksi Kerja dengan Perilaku Aman pada Karyawan
bagian Mekanik PT. Indo Acidatama Tbk Kemiri Kebakkramat Karanganyar. Tesis. Universitas
Muhammadiyah Surakarta.
Amalina, M. N., & Kristianto, T. A. (2017). Desain Interior Kapal Navigasi S-126 Untuk Meningkatkan
Kualitas Keamanan, Kenyamanan, dan Memenuhi Standard Kode Kapal Yang Berlaku. Jurnal
Sains Dan Seni ITS, 6 (2), G389–G394.
Basri, K. A. H., & Aryawan, W. D. (2019). Desain Konsep Kapal Perang Serbu Catamaran Tank Boat
Dengan Sistem Penggerak Utama Turbojet Sebagai Kekuatan Pengamanan Wilayah Maritim
Indonesia. Jurnal Teknik ITS, 7 (2), 173–179.
Caterpillar Inc. (2007). Maintenance Interval. In 3408C, 3412, 3412C and 3412D High Performance
Marine Engines. Retrieved from safety.cat.com. Diakses pada 1 Oktober 2019.
Caterpillar Inc. (2010). Maintenance Interval. In Operation and Maintenance Manual. Retrieved from
safety.cat.com. Diakses pada 1 Oktober 2019.
Djunaidi, M., & Mila Faila Sufa. (2007). Usulan Interval Perawatan Komponen Kritis Pada Mesin
Pencetak Botol ( Mould Gear ) berdasarkan Kriteria Minimasi Downtime. Jurnal Teknik Gelagar,
(1), 33–41.
Faisyal, F., Aviva, D., & Mustafa, M. (2017). Analisa Penyebab Kerusakan Komponen Heat Exchanger
pada Sistem Pendingin Engine Marine 3306 Caterpillar. Prosiding SENIATI, 3 (2), 21–24.
Julianto, T. (2019). Pemanfaatan Perbedaan Temperatur pada Main Engine Cooling System sebagai
Energi Alternatif untuk Pembangkit Listrik di Kapal. Jurnal Teknik ITS, 5 (2), 0–4.
https://doi.org/10.12962/j23373539.v5i2.19434.
Priharanto, Y. E., Latif, M. Z., & HS, R. S. (2017). Penilaian Risiko pada Mesin Pendingin di Kapal
Penangkap Ikan Dengan Pendekatan FMEA. Jurnal Airaha, 6 (1), 24–32.
Pujo, E., & Akhmad, A. (2010). Pengembangan Sistem Pakar untuk Diagnosis Kerusakan Mesin
Diesel. Jurnal Ilmiah Universitas Hang Tuah, 1, 16.
Saputra, R. S. H., Priharanto, Y. E., & Latif A, M. Z. (2018). Failure Mode and Effect Analysis (Fmea )
Applied for Risk Assessment of Fuel Oil System on Diesel Engine of Fishing Vessel. ARPN
Journal of Engineering and Applied Science, 13 (21), 8414–8420.
Soebiyakto, G. (2012). Pengaruh Penggunaan Water Coolant terhadap Performance Mesin Diesel.
Widya Teknika, 20 (1).
Wang, S., Liu, C., & Zhou, Y. (2018). Study on Waste Heat Utilization Device of High-Temperature
Freshwater in the Modern Marine Diesel Engine. IOP Conference Series: Earth and
Environmental Science, 111 (1), 12009. IOP Publishing.
Zhang, F., Xu, S., Feng, D., Chen, S., Du, R., Su, C., & Shen, B. (2017). A Low Temperature Multi-
Effect Desalination System Powered by The Cooling Water of A Diesel Engine. Desalination, 404,
–120.
DOI: http://dx.doi.org/10.15578/aj.v1i1.8845
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Citation
Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai
Jl. Wan Amir No. 1, Kel. Pangkalan Sesai, Kec. Dumai Barat, Kota Dumai
Telp/Fax: (0765) 4300443
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats