HASIL TANGKAPAN MINI TRAWL UDANG PADA BERBAGAI PANJANG WARP DAN LAMA TARIKAN

Andria Ansri Utama, Wudianto Wudianto

Abstract


Mini trawl merupakan alat tangkap hasil modifikasi dari jaring trawl, spesifikasinya dirancang menjadi lebih kecil dari konstruksi umum trawl. Penentuan panjang warp dan lama tarikan pada mini trawl didasarkan pada hasil perkiraan nelayan tanpa perhitungan sebelumnya sehingga kurang efisien. Efisiensi maksimum alat tangkap trawl dipengaruhi beberapa faktor utama, seperti panjang warp, panjang sweepline, kecepatan tarikan, bobot dari footrope, dan lama tarikan. Tujuan penelitian
ini untuk mempelajari pengaruh penggunaan perlakuan panjang warp dan perlakuan lama tarikan yang berbeda terhadap hasil tangkapan udang Penaeid pada alat tangkap mini trawl. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan rancangan acak kelompok faktorial yang dilaksanakan pada bulan Maret-April 2007 di perairan Lamongan, Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan panjang warp berpengaruh nyata terhadap hasil tangkapan udang dengan hasil uji F diterima pada taraf uji 5%. Perlakuan lama waktu penarikkan berpengaruh sangat nyata terhadap hasil tangkapan udang, dengan hasil uji F diterima pada taraf uji 5 dan 1%. Hasil Tangkapan terbanyak diperoleh dari perlakuan panjang warp 60 m dengan lama penarikkan 120 menit, bila warp 120 m hasil tangkapan mengalami penurunan pada lama tarikan 120 menit.

Keywords


mini trawl; warp, towing; udang Penaeid

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/bawal.2.6.2009.309-313


Creative Commons License
Bawal Widya Riset Perikanan Tangkap is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
p-ISSN 1907-8226
e-ISSN 2502-6410

Find in a library with WorldCatCrossref logo
SHERPA/RoMEO Logogoogle scholardoaj