PENGAMATAN ASPEK OPERASIONAL PUKAT CINCIN YANG BERBASIS DI PPN PRIGI JAWA TIMUR

Hari Ilhamdi, Adi Kuswoyo

Abstract


Dalam rangka mengetahui aspek operasional penangkapanAPI pukat cincin yang berbasis di PPN Prigi-Trenggalek-Jawa Timur, maka telah dilakukan
onboard observation tanggal 1-7Mei 2013. Onboard observation dilakukan di KM. Sagita yaitu kapal dengan API pukat cincin yang berbasis di PPN Prigi.
Hasil onboard observation menunjukkan bahwa API pukat cincin dioperasikan dengan dua kapal. Sistem trip penangkapan adalah trip harian dengan daerah penangkapan sekitar 20-30 mil sebelah selatan Kabupaten Trenggalek. Satu kali tripmelakukan tawur jaring antara 1-2 kali.PengoperasianAPI pukat cincin yang berbasis di PPN Trenggalek tidakmenggunakan alat bantu penangkapan berupa rumpon. Kegiatan operasi penangkapan dilakukan pada pagi hingga tengah hari. Hasil tangkapan rata-rata 442,5 kg/tawur
jaring.

dan kantong (codend) maka pukat cincin dimaksud empat persegi panjang (rectangular). Secara spesifik pukat cincin tidak mempunyai bagian sayap dan kantong sebagaimana jaring lingkar dan pukat hela tersebut di atas. Sayap pukat cincin biasanya untuk menyebut bagian sisi kiri dan kanan pukat, adapun istilah kantong biasanya untuk menyebut bagian tengah pukat. Fridman (1973) dan Andreev (1966) menyampaikan bahwa ukuranmata jaring dari bagian sayap pukat cincin umumnya 30-40 % lebih besar dibanding ukuranmata bagian kantong.


Keywords


Aspek operasional, pukat cincin, ppn prigi.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/btl.13.1.2013.33-36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Buletin Teknik Litkayasa Sumber Daya dan Penangkapan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
E-ISSN: 2541-2450