TINGKAT KEMATANGAN GONAD IKAN NILA(Oreochromis niloticus) DI DANAU BATUR, KABUPATEN BANGLI, BALI

Yanu pamungkas Prasetiyo

Abstract


Ikan nila merupakan ikan introduksi dari Afrika pada tahun 1969 dan kini telah menyebar luas di wilayah Indonesia (Wikipedia.org). Ikan nila mempunyai nama latin Oreochromis niloticus, kelas Osteichtyes dan familyCichlidae (fishbase.com). Ikan nilamempunyai ciri-ciri adanya garis warna tegak pada sirip ekor, hampir seluruhnya tubuh berwarna hitam, mulutmengarah ke atas danmempunyai rumus sirip D.XVI-XVII, 11-15 danA. III, 8-11 (Kottelat et. al., 1993).

Danau Batur merupakan danau kaldera yang terbentuk akibat letusan dari gunung Batur. Terletak di Kabupaten Bangli, Propinsi Bali. Letaknya diantara Gunung Batur di sebelah kanan dan di sebelah kirinya Bukit Abang atau oleh masyarakat setempat biasa juga disebut dengan Gunung Abang. Berada diketinggian 1.080 m dpl dan memiliki luas sekitar 16 km2 (limnologi.lipi.go.id)merupakan danau yang tidak mempunyai outlet atau keluaran air.Aktifitas perikanan didanau Batur meliputi perikanan budidaya perikanan tangkap.


Keywords


Tingkat kematian, ikan nila, danau batur



DOI: http://dx.doi.org/10.15578/btl.11.2.2013.71-74

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Buletin Teknik Litkayasa Sumber Daya dan Penangkapan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
E-ISSN: 2541-2450