ASPEK OPERASIONAL PENANGKAPAN KAPAL BOUKE AMI YANG BERBASIS DI TPI MUARA ANGKE

M. Fadli Yahya, Hari Ilhamdi

Abstract


TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Muara Angke merupakan salah satu fasilitas yang ada di kawasan Pelabuhan Perikanan Muara Angke yang di kelola oleh Unit Pengelola Pelabuhan Perikanan Berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan nomor PER. 08/MEN/2012 tentang Pelabuhan Perikanan. Salah satu hasil pendaratan potensial di TPI Muara Angke yaitu cumi – cumi yang didaratkan oleh kapal Bouke Ami pada zona penangkapan wilayah pengelolaan perikanan Laut Cina Selatan dan Laut Jawa. Tujuan penelitian untuk mengetahui status pemanfaatan cumi-cumi oleh Bouke Ami dilakukan pada tahun 2018. Data dan informasi diperoleh dari hasil observasi dan pencatatatan harian kapal - kapal bouke ami yang mendaratkan hasil tangkapannya.

Keywords


Penangkapan; Bouke Ami; TPI; Muara Angke

Full Text:

PDF

References


Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan. (2012). Pelabuhan Perikanan. PER. 08/MEN/2012. Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Sudirman, (2013). Mengenal alat dan metode penangkapan ikan (p. 257). PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Sudirman., & Mallawa, A. (2012). Teknik penangkapan ikan (p. 211). Edisi Revisi 2012. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Syofyan, I. (1996). Konstruksi dan rancangan alat tangkap drift gillnet (Jaring Insang Hanyut) untuk menangkap ikan Senangin (Polynemus tetradactilus) di Perairan Selat Berhala Riau. Skripsi. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau, Pekanbaru. 62 hal (tidak diterbitkan).




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/btl.16.1.2018.1-5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Buletin Teknik Litkayasa Sumber Daya dan Penangkapan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
E-ISSN: 2541-2450