PENENTUAN LIMIT DETEKSI DAN LIMIT KUANTITASI UNTUK ANALISIS LOGAM TIMBAL (Pb) DALAM AIR TAWAR MENGGUNAKAN ALAT SPEKTROFOTOMETER SERAPAN ATOM

Dedi Sumarno, Dyah Ika Kusumaningtyas

Abstract


Limit deteksi (LOD) merupakan parameter uji batas terkecil yang dimiliki oleh suatu alat/instrument untuk mengukur sejumlah analit tertentu. Menurut Torowati & Galuh (2014), limit deteksi adalah konsentrasi atau jumlah terkecil/terendah dari analit dalam sampel yang masih menunjukkan nilai serapan atau absorbansi pada alat tanpa harus memenuhi kriteria akurasi dan presisi. Limit kuantitasi (LOQ) merupakan jumlah analit terkecil dalam sampel yang masih dapat diukur dengan akurat dan presisi oleh alat/instrument. Penentuan limit deteksi dan limit kuantitasi dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu: signal to noise, penentuan blanko dan kurva kalibrasi (Riyanto, 2002). Cara penentuan limit deteksi dan limit kuantitasi pada alat spektrofotometer serapan atom yang umum dilakukan adalah dengan menggunakan blanko. Prinsip penentuan LOD dan LOQ dengan menggunakan blanko adalah larutan/pelarut yang digunakan untuk analisis diukur nilai absorbansinya dengan menggunakan alat/instrument tertentu sebanyak minimal 7 kali ulangan. Menurut Riyanto (2002), penentuan blanko dapat diterapkan ketika analisis blanko memberikan hasil standar deviasi tidak nol.

Keywords


Limit; deteksi; kuantitasi; spektrofometer; atom

Full Text:

PDF

References


Apriadi, D. (2005). Kandungan Logam Berat Hg, Pb, dan Cr Pada Air, Sedimen, dan Kerang Hijau (Perna viridis L) Di Perairan Kamal Muara, Teluk Jakarta. Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Anonimous. (2004). Standar Nasional Indonesia (SNI). SNI 06-6989.8-2004. Air dan Limbah Air – Bagian 8 : Cara Uji Timbal (Pb) Dengan Spektrofotometer Serapan Atom (SSA) – Nyala. Jakarta : Badan Standardisasi Nasional.

Effendi, H. (2003). Telaah Kualitas Air. Bagi Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan Perairan. Yogyakarta : Kanisius.

Miller, J. C., & Miller, J. N. (1991). Statistika Untuk Kimia Analitik. Edisi Kedua. Bandung : Institut Teknologi Bandung.

Riyanto. (2002). Validasi dan Verifikasi Metode Uji Sesuai Dengan ISO/IEC 17025 Laboratorium Pengujian dan Kalibrasi. Yogyakarta : Deepublish.

Torowati, & Galuh, B. S. (2014). Penentuan Nilai Limit Deteksi dan Kuantitasi Alat Titrasi Potensiometer Untuk Analisis Uranium. Serpong : Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir. Puspitek.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/btl.16.1.2018.7-11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Buletin Teknik Litkayasa Sumber Daya dan Penangkapan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
E-ISSN: 2541-2450