KOMPOSISI DAN KELIMPAHAN FITOPLANKTON DI MUARA KUIN PERAIRAN ESTUARI DAS BARITO KALIMANTAN SELATAN

Muhtarul Abidin, Burnawi Burnawi

Abstract


Estuari DAS Barito merupakan muara sungai Barito yang mengalir dari Provinsi Kalimantan Tengah dan bermuara di Laut Jawa pada Provinsi Kalimantan Selatan. Estuari DAS Barito terletak pada wilayah administratif Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan. Wilayah estuari merupakan lokasi yang subur sehingga mendukung pertumbuhan fitoplankton (Hutabarat, 2001). Fitoplankton merupakan produsen primer dari mata rantai makan dalam suatu perairan (Dawes, 1981). Kondisi dari komunitas fitoplankton dapat mengindikasikan kondisi lingkungan perairan apakah berada dalam kondisi subur atau tidak (Yuliana & Tamrin, 2006). Ketersidiaan flankton dipengaruhi pasang surut air, salinitas, temperatur, kandungan bahan kimia, dan tekanan hydrostatic yang akan mempengaruhi distribusi dan kelimpahannya (Kingsford et al., 2002).

Keywords


Komposisi; kelimpahan; fitoplankton; Kalimantan Selatan

Full Text:

PDF

References


APHA. (2005). Standard Methods for the Examination of Water and Waste Water. 21th Edition. Publication Office Health Association. Washington.

Bellinger, E. G., & David. C.S. (2010). Freshwater Algae; Identification and Use as Bioindicators. Jhon Willey & Sons.

Davis, G.C. (1955). The Marine and Freshwater Plankton. Michigan State University Press, USA. 526 p.

Dawes.C.J. (1981). Marine Botany. A Willey Interscience. Publ: 682 p.

Yuliana & Tamrin. (2006). Struktur komunitas dan kelimpahan fitoplankton dalam kaitanya dengan parameter fisika-kimia perairan di danau laguna ternate, Maluku utara. Prosidiing seminar nasional limnology 2006. Pusat limnology Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia. Jakrata. Hal 200.

Hutabarat, Sahala. (2001). Pengaruh Kondisi Oseanografi Terhadap Perubahan Iklim, Produktivitas dan Distribusi Biota Laut. Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar Madya dalam Ilmu Oseanografi. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Dipobegoro. Semarang.

Kingsford, M.J., Leis, J.M., & Shanks, A. (2002). Sensory environments, larva abilities and local self-recruitment. Bull. Mar. Sci., 70. 309 – 340 p.

Mizuno. T. (1979). Ilustrations of The Freshwater Plankton of Japan. Hoikusha Publishing.Co.Ltd.

Nontji, A. (2008) Plankton Laut. LIPI Press, Anggota IKAPI, Jakarta.

Rais,H.R., & Abidin,M. (2013). Kelimpahan dan Keanekaragaman Phytoplankton di Perairan Estuari Sungai Barito, Provinsi Kalimantan Selatan. Prosidiing seminar nasional Perikanan Indonesia Hasil Penelitian Perikanan dan Kelautan Tahun 2013.. Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Perikanan, Jakarta Selatan. Hal 44-49.Indonesia. Jakrata. Hal 200.

Yuliana & Tamrin. (2006). Struktur komunitas dan kelimpahan fitoplankton dalam kaitanya dengan parameter fisika-kimia perairan di danau laguna ternate, Maluku utara. Prosidiing seminar nasional limnology 2006. Pusat limnology Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia. Jakrata. Hal 200.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/btl.16.1.2018.13-18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Buletin Teknik Litkayasa Sumber Daya dan Penangkapan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
E-ISSN: 2541-2450