TEHNIK MENANGKAP IKAN MENGGUNAKAN PANCING APUNG HANYUT (Driefting line) DI DANAU PALUI KABUPATEN BARITO SELATAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Muhtarul Abidin, Agus Sudrajat

Abstract


Sungai Barito dengan panjang 900 km adalah salah satu sungai besar di Indonesia dan merupakan sungai utama di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Berawal dari pengunungan Muller Kalimantan Utara mengalir dari utara ke selatan pulau Kalimantan bermuara ke laut Jawa yang lebih dikenal dengan sebutan Muara Banjar atau Kuala Banjar. Beberapa jenis sudah sulit didapat, langka dan menurun tajam. (Utomo et al . 2005).

Alat tangkap merupakan instrumen utama dalam aktivitas pemanfaatan potensi sumberdaya ikan sebagai bahan pangan, pemenuhan kebutuhan protein hewani dan untuk menunjang perekonomian khususnya masyarakat perairan umum pedalaman.


Keywords


Pancing apung hanyut; Danau Palui; Kalimantan Selatan

Full Text:

PDF

References


Utomo, A.D., & Prasetyo, D. (2015). Evaluasi Hasil Tangkapan Beberapa Kegiatan Penangkapan Ikan di Sungai Barito, Kalimantan Tengah dan Selatan. Jurnal Penelltian Perikanan Indonesia. Vol.II/2. Tahun 2005.

Samuel, Makmur & Suryati. (2013). Karakteristik dan Pengelolaan Perikanan Danau di Indonesia. Penerbit.Tunas Gemilang Press. Palembang

Rupawan., Emmy, D., Fauziah., Herlan., Arouf, H., Abidin, M., Dwi, E.H. (2015). Inventarisasi Jenis AlatTangkap DAS Barito Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Laporan Teknis Riset Balai Riset Perikanan Perairan Umum, Palembang.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/btl.16.1.2018.33-36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Buletin Teknik Litkayasa Sumber Daya dan Penangkapan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
E-ISSN: 2541-2450