TEKNIK PENANGKAPAN GLASS EEL IKAN SIDAT (Anguilla sp.) DI DAM TAM GIANG SUNGAI PHU NGAN, PROPINSI PHU YEN, VIET NAM

Yanu Prasetiyo Pamungkas, Yenni Sri Mulyani

Abstract


Ikan sidat merupakan salah satu jenis ikan yang masuk dalam genus Anguilla dan famili Anguillidae. Ikan sidat merupakan jenis ikan catadromous, pada fase awal kehidupan (setelah menetas) di perairan laut dalam, kemudian bermigrasi ke perairan tawar untuk tumbuh dan berkembang. Ikan sidat memiliki pertumbuhan lambat dan mampu untuk hidup dalam jangka waktu lebih lama dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Menurut Kuroki dan Tsukamoto (2012) menyebutkan bahwa setelah menetas, ikan sidat memasuki tahap leptochepali, yang akan berenang mengikuti arus laut mendekati landas kontinen dan akan berubah menjadi glass eel. Glass eel akan memasuki muara sungai dan berenang ke arah hulu sungai. Selanjutnya akan tumbuh menjadi elver, yellow eel dan silver eel. Pada tahap silver eel biasanya ikan sidat sudah mulai matang gonad dan berenang turun ke arah hilir untuk selanjutnya memijah di laut dalam.


Keywords


Teknik Penangkapan; Ikan Sidat;Vietnam

Full Text:

PDF

References


Arai, T. (2016). Biology and ecology of anguillid eels. CRS Press Taylor and Francis. Boca Rotan.

Kementerian Kelautan dan Perikanan. (2017). Buku Saku Pengolah Data Alat Tangkap. KKP. Jakarta.

Kuroki, M. dan K. Tsukamoto. (2012). Eels on the Move - Mysterious Creatures over Millions of Years. Tokai University Press. Japan.

Nédélec, C and Prado, J. (1990). Definition and classification of fishing gear. FAO Fisheries Technical Paper. No. 222. Revision 1. FAO. Rome.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/btl.17.1.2019.19-24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Buletin Teknik Litkayasa Sumber Daya dan Penangkapan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
E-ISSN: 2541-2450