KOMPOSISI DAN KELIMPAHAN ZOOPLANKTON DI DANAU GEGAS KABUPATEN MUSI RAWAS, PROVINSI SUMATERA SELATAN

Muhtarul Abidin, Yanu Prasetiyo Pamungkas

Abstract


Plankton merupakan organisme mikroskopis yang hidupnya melayang–layang atau mengapung di perairan baik laut maupun tawar disebabkan oleh arus.Peranan organisme ini sangat penting, Perkembang biakan zooplankton di perairan ditentukan oleh faktor lingkungan abiotik seperti paramater fisik-kimia (suhu, intensitas cahaya, salinitas, dan pH), dan faktor biotik seperti tersedianya pakan (Zooplankton) dan banyaknya predator serta perilaku jenis-jenis zooplankton dalam bersaing memperebutkan makanan merupakan faktor lainnya yang dapat mempengaruhi kelimpahan dan komposisi jenis-jenis zooplankton itu sendiri (Arinardi,1997). Disisi lain Zooplankton juga berperan sebagai produser primer penyedia energi pada jenjang tropik yang lebih tinggi (Castro & Huber, 2007).

Keywords


Komposisi; Zooplankton; Danau Gegas

Full Text:

PDF

References


Arinardi, et. al. (1997). Kisaran Kelimpahan dan Komposisi Plankton Predominan Di Perairan Kawasan Timur Indonesia. Pusat dan Pengembangan Oseanologi. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Jakarta, 140.

APHA. (2005). Standard Methods for the Examination of Water and Waste Water. 21th Edition. Publication Office Health Association. Washington.

Castro, P. & Huber, M.E. (2007). Marine Biology, Sixth Edition. New York: The McGraw-Hill Companies. America.

Dinas Perikanan Kabupaten Musi Rawas. (2007). KAK Kajian akademis pengembangan budidaya perikanan di Danau Gegas, Musi Rawas.

Mizuno, T. (1979). Ilustrations of The Freshwater Plankton of Japan. Hoikusha Publishing.Co.Ltd.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/btl.17.2.2019.67-74

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Buletin Teknik Litkayasa Sumber Daya dan Penangkapan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
E-ISSN: 2541-2450