PERTUMBUHAN DAN TINGKAT KESERAGAMAN STADIA LARVA UDANG GALAH (Macrobrachium rosenbergii) POPULASI F-4 HASIL SELEKSI INDIVIDU

Ahmad Ali Akbar, Dede Sukarta

Abstract


Pembenihan udang galah merupakan salah satu tahap yang sangat menentukan pada proses budidaya, sebab performa udang galah selama pembesaran tergantung pada saat proses produksi pasca larva (PL). Kegiatan dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan tingkat keseragaman larva udang galah generasi F4 hasil seleksi individu. Bahan pengamatan adalah larva udang galah populasi F4 hasil seleksi individu. Pengamatan terhadap kondisi larva udang galah harus dilakukan secara rutin baik pengamatan secara visual maupun mikroskopis. Parameter yang diamati adalah indeks stadia larva dan tingkat keseragaman stadia larva udang galah pada wadah pemeliharaan sebanyak 6 corong. Berdasarkan hasil pengamatan, indeks stadia larva udang galah selama 18 hari pemeliharaan adalah 9,2±0,2 dan tingkat keseragaman stadia larva sebesar 50±7,7% atau termasuk dalam kategori keseragaman stadia larva yang rendah.


Keywords


larva udang galah, indeks stadia larva, pertumbuhan, keseragaman

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/blta.11.2.2013.83-86


Creative Commons License
Buletin Teknik Litkayasa Akuakultur is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
P-ISSN: 1412-9574
E-ISSN: 2541-2442

google scholar