PENCEGAHAN SERANGAN EKTOPARASIT PADA PENGGELONDONGAN IKAN KERAPU MACAN (Epinephelus fuscoguttatus) DI KERAMBA JARING APUNG BALAI BUDIDAYA LAUT, BATAM

Faisal Andre Siregar, Rustiandi Rustiandi

Abstract


Ikan kerapu macan merupakan salah satu dari jenis ikan kerapu yang sudah banyak dibudidayakan, di samping harga yang cukup tinggi ikan kerapu macan juga merupakan komoditas ekspor yang banyak diusahakan. Meskipun sudah umum dibudidayakan tetapi masih saja banyak kendala yang dihadapi oleh pembudidaya terutama pada tahap penggelondongan di KJA. Salah satu kendala yang dihadapi adalah serangan ektoparasit terutama dari jenis Benedenia sp., Diplectanum sp., Rexanella sp., dan Chillodonela sp. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan perendaman air tawar, pemberian vitamin, dan imunostimulan terhadap serangan ektoparasit pada penggelondongan ikan kerapu macan. Kendala ini dihadapi juga oleh divisi pembesaran Balai Budidaya Laut, Batam di mana akibat dari serangan tersebut maka sintasan (SR) kerapu macan yang dipelihara dari benih ukuran 22,6 g/ekor sampai 59,42 g/ekor hanya mencapai 72% selama 43 hari pemeliharaan, meskipun sudah diberi perlakuan dengan perendaman air tawar secara rutin dan pemberian vitamin dan multivitamin serta imunostimulan untuk pencegahannya.


Keywords


Kerapu macan, penggelondongan, ektoparasit, sintasan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/blta.10.2.2012.119-121


Creative Commons License
Buletin Teknik Litkayasa Akuakultur is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
P-ISSN: 1412-9574
E-ISSN: 2541-2442

google scholar