IMPLEMENTASI BUDIDAYA MINA PADI DI KOTA MAGELANG

Kurnia Hardjanto

Abstract


Sektor pertanian memiliki peran penting dalam penyediaan pangan nasional dan berkontribusi dalam memperkuat program ketahanan pangan. Ketahanan pangan sendiri telah diangkat sebagai isu global dalam permasalahan pangan dunia. Ketersediaan lahan untuk pertanian dan perikanan di perkotaan cenderung mengalami penurunan setiap tahunnya, termasuk di Kota Magelang. Ditambah pula kebutuhan bahan pokok pangan seperti beras sebagai sumber karbohidrat dan ikan sebagai sumber protein terus meningkat seiring dengan peningkatan jumlah penduduk. Usaha budidaya ikan dan padi (mina padi) telah diterapkan oleh beberapa petani di Kota Magelang, tetapi belum dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis usaha mina padi yang telah dilakukan beserta strategi untuk pengembangan usaha mina di Kota Magelang. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budidaya mina padi yang dilakukan terdiri dari beberapa proses, yaitu pemilihan benih padi dan ikan, persemaian benih padi, persiapan lahan, penanaman padi, penebaran benih ikan, pemupukan, penyiangan gulma, pemeliharaan ikan, pengendalian hama dan penyakit serta pemanenan hasil. Nilai R/C ratio sebesar 2.58 dan B/C ratio 1.58 yang diperoleh menunjukkan bahwa budidaya mina padi layak untuk dikembangkan di Kota Magelang. Strategi pengembangan usaha mina padi di Kota Magelang diantaranya dengan penguatan kelembagaan pelaku pertanian, pengendalian hama dan predator pengganggu secara berkala serta peningkatan pengetahuan dan ketrampilan sumber daya manusia.

Keywords


analisis, implementasi, Kota Magelang, mina padi, strategi

Full Text:

PDF

References


Akbar, A. 2017. Peran intensifikasi mina padi dalam menambah pendapatan petani padi sawah di Gampong Gegarang Kecamatan Jagong Jeget Kabupaten Aceh Tengah. J. S. Pertanian, 1(1) : 28-38.

Bobihoe, J., N. Asni, Endrizal. 2015. Kajian teknologi mina padi di Rawa Lebak di Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi. J. Lahan Suboptimal, 4(1) : 47-56.

Cahyaningrum, W., Widiatmaka, K. Soewardi. 2014. Arahan spasial pengembangan mina padi berbasis kesesuaian lahan dan analisis SWOT di Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Majalah Ilmiah Globe, 16(1) : 77-88.

Disperpa. 2020. Data statistik pertanian Kota Magelang. Dinas Pertanian dan Pangan Kota Magelang. Magelang

DJPB. 2018. Mina Padi. Dirjen Perikanan Budidaya Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Jakarta

Fauzi, A. R., A.N. Ichniarsyah, H. Agustin. 2016. Pertanian perkotaan : urgensi, peranan dan praktik terbaik. J. Agroteknologi, 10(1) : 49-62.

Gittinger, J. P. 2008. Analisa ekonomi proyek-proyek pertanian Ed. Ke-2. Penerbit Universitas Indonesia. Jakarta

Hamzens, W. P. S. dan M.W. Moestopo. 2018. Pengembangan potensi pertanian perkotaan di kawasan Sungai Palu. J. Pengembangan Kota, 6(1) : 75-83.

Ikhwani, G.R. Pratiwi, E. Paturrohman, A.K. Makarim. 2013. Peningkatan produktivitas padi melalui penerapan jarak tanam jajar legowo. J. Iptek Tanaman Pangan, 8(2) : 72-79.

Kadariah. 1988. Evaluasi proyek analisa ekonomi. LPEE-UI. Jakarta.

Lantarsih, R. 2016. Pengembangan mina padi kolam dalam di Kabupaten Sleman. J. AGRARIS, 2(1) : 17-27.

Lestari, S. dan A.N. Bambang. 2017. Penerapan mina padi dalam mendukung ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Proceeding Biology Education Conference, 14 (1) : 70-74.

Lestari, S. dan M. Rifai. 2017. Analisis faktor eksternal dan internal pelaksanaan mina padi di Desa Payaman Nganjuk. J. Terapan Abdimas, 2(1) : 27-32.

Malian, A.H. 2004. Analisis ekonomi usahatani dan kelayakan finansial teknologi pada skala pengkajian. Bahan Pelatihan “Analisis Finansial dan Ekonomi Bagi Pengembangan Sistem dan Usaha Agribisnis Wilayah”. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian dan Proyek Pengkajian Teknologi Pertanian Partisipatif. Bogor

Nugroho, H.B, F. Basuki, R. Wisnu. 2017. Pengaruh padat penebaran yang berbeda terhadap laju pertumbuhan ikan nila (Oreochromis niloticus, Linn. 1758) pada sistem budidaya mina padi. J Aquaculture Management and Technology, 6(2) : 21-30.

Nurhayati, A., W. Lili, T. Herawati, I. Riyantini. 2016. Derivatif analysis of economic and social aspect of added value minapadi (paddy-fish integrative farming) a case study in the village of Sagaracipta Ciparay sub district, Bandung West Java Province, Indonesia. Aquatic Procedia 7. 12-18.

Pratiwi, A. dan S. Sugianto. 2019. Kajian penerapan jarwo pada sistem mina padi terhadap pertumbuhan tanaman padi dan ikan nila. J. Agriekstensia 18(1) : 48-56.

Rahman, A., Nuriadi, M. Taufik. 2018. Pengendalian hama tikus sawah dengan teknik mina padi Desa Lara Kecamatan Tirwuta, Kolaka Timur. Majalah Aplikasi Iptek NGAYAH 9(1) : 1-9.

Rangkuti, F. 1999. Analisa SWOT teknik membedah kasus bisnis. PT. Gramedia Pusaka Utama. Jakarta.

Sudiarta, I. M., E. Syam’un, R. Syamsuddin. 2016. Pertumbuhan dan produksi tanaman padi serta produksi ikan nila pada sistem tanam jajar legowo. J. Sains & Teknologi 16 (1) : 70-80.

Widodo, A. S., Widodo, D.D. Aryanto. 2017. Kelayakan usaha mina padi di Kabupaten Sleman. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Sumber Daya Pedesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan VII 17-18 November 2017. 874-883




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/chanos.v19i1.9034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Chanos chanos

-----------------------------------------------------------------

Jurnal Penelitian Chanos Chanos
Published by Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo

-----------------------------------------------------------------

Already Indexing:

    

-----------------------------------------------------------------

Lisensi Creative Commons
All published articles are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


-----------------------------------------------------------------

EDITORIAL OFFICE: