PENGUJIAN DISTRIBUSI TEMPERATUR PADA MESIN PENGERING IKAN RAKITAN SKALA RUMAH TANGGA

Setyawan Dwi Nugroho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi temperatur pada mesin pengering ikan dan diharapkan dapat diketahui tingkat keseragaman temperatur pada ruang pengering sehingga dapat dilakukan  pernbaikan  rancang bangun lemari pengering  ikan untuk skala rumah tangga. Dalam penelitian ini dilakukan pada mesin pengering ikan tipe kabinet dengan 3 tigkat dimana pengujian selama 1 jam sampai dengan  mencapai temperatur pengeringan ikan 60°C konstan disetiap bagian rak pengeringan yaitu pada tingkat 1sampai dengan  tingkat 3. Disetiap tingkat dipasang 2 sampai dengan 3  termokopel dibagian  peletakan ikan. Hasil penelitan menunjukan bahwa lama waktu pemanasan di dalam ruang pengering dibutuhkan waktu  20 menit 12 detik dengan distribusi temperatur merata di setiap peletakkan ikan, sedangkan pada temperatur konstan 60°C terjadi fluktuasi temperatur dan keseragaman temperatur disetiap titik peletakan ikan yaitu antara temperatur 56,17°C sampai dengan 60,88°C dan setelah dimatikan mesin penyeringnya dibutuhkan waktu 49 menit untuk mencapai suhu lingkungan 30°C. Dapat di simpulkan bahwa mesin pengering ikan memiliki distribusi yang merata di setiap titik peletakkan ikan dan pengisolasian dinding kotak alat pengering memberikan kestabilan temperatur di setiap titik peletakan ikan.


Keywords


distribusi, temperatur, pengering Ikan

Full Text:

PDF

References


Afrianti, Yenni. 1995. Uji Coba Alat Pengering Mekanis Dengan Agitasi Untuk Pengeringan Ikan Teri (Stolephorus Sp.). [Skripsi]. Program Studi Pengolahan Hasil Perikanan. Bogor : Fakultas Perikanan. Institut Pertanian Bogor. 57 hal. http://repository.ipb.ac.id. Diunduh 9 Oktober2019.

Holman, J.P., 1986. Heat Transfer, Six edition Mc Graw Hill,Ltd New York

John Willey & Sosns Inc. 1981. Fundamentals of Heat Transfer; Incopera De Witt New York

Tipler A, Paul. 1998. Fisika Untuk Sains dan Teknik. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Wicaksono, Wahyu. 2012 Modifikasi Pengering Ikan Teri Dengan Menggunakan Sistem. http;// eprints.undip.ac.id. Diakses pada tanggal 09 april 2020




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/chanos.v18i1.9044

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Chanos chanos

-----------------------------------------------------------------

Jurnal Penelitian Chanos Chanos
Published by Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo

-----------------------------------------------------------------

Already Indexing:

    

-----------------------------------------------------------------

Lisensi Creative Commons
All published articles are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


-----------------------------------------------------------------

EDITORIAL OFFICE: