PENGARUH KEPERCAYAAN DAN PERSEPSI RISIKO KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI BELANJA ONLINE MELALUI MEDIA SOSIAL EDUMINA MART POLITEKNIK KP SIDOARJO

Zayafika Mareta, Jefri Putri Nugraha, Prayoto Prayoto, Sri Wartini, Hamdani Hamdani

Abstract


Tingginya pertumbuhan pengguna internet tersebut berimbas pada nilai jual beli belanja online. Digital Marketing lantas kerap dimaknai sebagai satu cara promosi atau pemasaran sebuah produk maupun jasa melalui media digital. Terlepas dari semakin mudahnya pelaku bisnis dan konsumen melakukan hubungan jual beli sebagai akibat dari perkembangan teknologi dan informasi, ada risiko yang harus dihadapi khususnya dalam hal kepercayaan. Karena sifatnya yang tidak bertemu langsung antara pembeli dan penjual, dalam transaksi melalui media online akan memunculkan persepsi risiko yang berbeda-beda bagi setiap orang. Edumina Mart juga harus mampu mempertahankan eksistensinya melalui inovasi strategi pemasaran online ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan konsumen dan resiko yang dirasakan konsumen terhadap minat beli belanja online melalui media sosial di Edumina Mart Politeknik KP Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 115 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis Anova dua arah pada program SPSS 21.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi diperoleh sebesar 0,443 yang berarti bahwa korelasi antara variabel kepercayaan dan variabel persepsi resiko berada pada kategori hubungan pengaruh yang kuat. Tingkat kepercayaan dan persepsi risiko yang dirasakan konsumen juga memiliki pengaruh signifikan secara simultan terhadap minat beli belanja konsumen.


Keywords


Persepsi Resiko, Kepercayaan Konsumen, Minat Beli, Belanja Online

Full Text:

PDF

References


Azwar, Syaifudin. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bilqis, Fatimah. 2018. Penggunaan Instagram sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Deskriptif Kualitatif pada “Klinik Kopi” di Yogyakarta). Yogyakarta:Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Chan-Olmsted, S. M., Cho, M., & Lee, S. 2013. User Perceptions of Social Media: A Comparative Study of Perceived Characteristics and User Profiles by Social Media. Online Journal of Communication and Media Technologies Volume: 3 – Issue: 4 – October – 2013.

Putra, Dwi Jati Aribowo Mahendra Adhi Nugroho. 2012. Pengaruh Trust Dan Perceived Of Risk Terhadap Niat Untuk Bertransaksi Menggunakan E-commerce. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Forester, S., Liu, C., Shannon, D. dan Gardner, L.C. (2016). Development Of A Scale To Measured Perceived Benefits And Risks of Online Shopping. Journal of Interactive Marketing, 55-75.

Daniel Iman K, M. Kholid Mawardi, Zainul Arifin. 2013. Pengaruh Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap Kesadaran Konsumen pada Produk Internasional (Studi pada Pengguna Produk Uniqlo di Indonesia). Kotler, Philip, Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management,14th Edition. United States of America : Pearson.

Luke, Sloan; Hasse-Quan, Anabel. 2017. “Handbook of Social Media Research Methods”. Sage Publishing. London.Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 24 No. 1.

Nitisusastro, Mulyadi. 2012. Perilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung : Alfabeta.

Purwana ES. Dedi, Rahmi, dan Aditya S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. JPMM Vol.1 Np.1:1-17.

Rahayu, Djawanto, dan Rahayu, Y. (2012). Pengaruh Trust Terhadap Risk Perception, Attitude Toward Online Shopping dan Intention to Shop Online pada Toko Busana Online di Surabaya. Jurnal Akuntansi, Manajemen Bisnis dan Sektor Publik (JAMBSP). Vol. 8 (2) ,hal 236-260.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/chanos.v19i1.9599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Chanos chanos

-----------------------------------------------------------------

Jurnal Penelitian Chanos Chanos
Published by Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo

-----------------------------------------------------------------

Already Indexing:

    

-----------------------------------------------------------------

Lisensi Creative Commons
All published articles are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


-----------------------------------------------------------------

EDITORIAL OFFICE: