OPTIMASI PEMBERIAN KOMBINASI MAGGOT DENGAN PAKAN BUATAN (PELET) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN SINTASAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

Murni Murni, Early Septiningsih

Abstract


Pakan merupakan komponen terbesar dalam produksi. Tingginya biaya pembelian pakan merupakan tantangan tersendiri bagi pembudidaya, satu diantara upaya untuk menekan biaya pakan untuk ikan nila adalah dengan pemberian kombinasi maggot dengan pakan buatan dalam pakan ikan nila. Penelitian ini bertujuan Untuk menentukan pengaruh optimasi pemberian maggot dengan pakan buatan (pelet), sehingga menghasilkan pertumbuhan dan sintasan yang optimal terhadap benih ikan nila. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai Desember 2013, di Balai Benih Ikan (BBI) Bontomanai. Metode penelitian adalah ikan uji dipelihara selama 60 hari. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan 3 ulangan dengan perlakuan sebagai berikut: perlakuan A = pemberian 75% pakan pelet dan 25% maggot; perlakuan B = pemberian 50% pakan pelet dan 50% maggot; perlakuan C = pemberian 25% pakan pelet dan 75% maggot. Selama pemeliharaan berlangsung pakan uji yang diberikan berupa pelet dengan kadar protein 38% ukuran 1 mm dan larva maggot. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pemberian kombinasi maggot dengan pelet memberikan pengaruh sangat nyata (F hitung > F table 1%) terhadap pertumbuhan mutlak hewan uji. Sedangkan uji BNT memperlihatkan perlakuan A, berpengaruh sangat nyata terhadap perlakuan B, tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap perlakukan C, sedangkan perlakuan B berpengaruh sangat nyata dengan perlakukan C.


Keywords


pakan kombinasi; ikan nila; larva maggot

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats