PERFORMA BENIH IKAN GURAME (Osphronemus gouramy, L) YANG DIDEDERKAN DENGAN FREKUENSI PEMBERIAN PAKAN YANG BERBEDA SECARA INDOOR

Suharyanto Suharyanto, Rita Febrianti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui performa benih ikan gurame yang didederkan dengan perbedaan frekuensi pemberian pakan. Penelitian ini dilaksanakan di hatceri ikan gurame Balai Penelitian Pemuliaan Ikan, Sukamandi, Kabupaten Subang, Jawa Barat selama 28 hari, mulai Tanggal 10 April sampai dengan 8 Mei 2014. Media percobaan yang digunakan adalah akuarium berukuran 60x40x40 cm. Perlakuan yang diaplikasikan adalah frekuensi pemberian pakan (pelet) yang berbeda yakni A; Satu kali sehari, B; Dua kali sehari, C; Tiga kali sehari dan D; Empat kali sehari masing-masing dengan 3 kali ulangan. Dosis pemberian pakan adalah 10% dari total biomassa benih ikan gurame. Benih yang digunakan dalam penelitian ini adalah benih ikan gurame berasal dari hatceri ikan gurame Balai Penelitian Pemuliaan Ikan, Sukamandi, berukuran panjang total rata-rata 4,62±0,47 cm dan bobot 1,74 ± 0,49 g. Benih ditebar pada masing-masing akuarium adalah 50 ekor. Peubah yang diamati adalah laju pertumbuhan bobot, panjang total, dan laju sintasan serta kualitas air. Sampling dilakukan setiap 7 hari. Data pertumbuhan dan sintasan dihitung dan diuji dengan analisis ragam dengan pola rancangan acak lengkap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa frekuensi pemberian pakan yang tepat adalah dua kali sehari. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dengan mempertimbangkan peubah biologis yang diamati, maka disarankan dalam pemeliharaan benih ikan gurame dengan bobot rata-rata 1,74 ± 0,49 g, dan panjang total rata-rata 4,62±0,47 cm, frekuensi pemberian pakan dilaksanakan dua kali sehari pada pagi dan sore hari dengan dosis 10% dari total biomassa.


Keywords


frekuensi pemberian pakan; pelet; benih ikan gurame; pertumbuhan; laju sintasan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats