PERTUMBUHAN DAN SINTASAN BENIH HIBRIDA PENYILANGAN INTERGENERIK IKAN RAINBOW MERAH (Glossolepsis incisus) PEROT DENGAN IKAN RAINBOW PRAECOX (Melanotaenia praecox)

Siti Zuhriyyah Musthofa, Tutik Kadarini

Abstract


Hibridisasi atau persilangan merupakan suatu upaya untuk mendapatkan kombinasi antara populasi yang berbeda untuk menghasilkan keturunan yang memiliki sifat unggul. Hibridisasi pada ikan hias bertujuan untuk menghasilkan strain baru pada beberapa jenis ikan hias. Tujuan penelitian ini yaitu untuk untuk mengetahui pertumbuhan dan sintasan benih hibrida pada penyilangan intergenerik ikan rainbow merah (Glossolepsis incisus) perot dengan ikan rainbow praecox (Melanotaenia praecox). Skema persilangan pada penelitian ini yaitu Rainbow praecox jantan x Rainbow praecox betina (A), rainbow praecox jantan x Rainbow merah perot betina (B), Rainbow merah perot jantan X Rainbow merah perot betina (C), Rainbow merah perot jantan X Rainbow praecox betina (D). Benih hasil persilangan yang berumur dua bulan dipelihara di kontainer plastik kapasitas 35 liter dan diberi pakan berupa pelet dan bloodworm (Chironomus sp.) sebanyak dua kali sehari. Sampling dilakukan setiap bulan untuk mengukur pertumbuhan (panjang total dan bobot badan) dan sekaligus untuk melakukan seleksi terhadap anakan yang dihasilkan (perot dan normal). Pertumbuhan panjang dan bobot benih persilangan ikan rainbow rainbow merah (Glossolepsis incisus) perot dengan ikan rainbow praecox (Melanotaenia praecox) baik kontrol maupun resiproknya memiliki pola yang sama yaitu pola pertumbuhan linear. Sintasan pada persilangan kontrol (persilangan A dan C) pada umur tujuh bulan yaitu sebesar 48,21% dan 30,84%; sedangkan sintasan pada persilangan resiprok (persilangan B dan D) yaitu sebesar 59,44% dan 85,00%; secara berturut-turut.


Keywords


benih; penyilangan intergenerik; rainbow merah (Glossolepsis incisus) perot; rainbow praecox (Melanotaenia praecox); pertumbuhan; sintasan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats