PENERAPAN SELEKSI VARIETAS UNTUK PRODUKSI BIBIT UNGGUL PADA KAWASAN BUDIDAYA RUMPUT LAUT Kappaphycus alvarezii DI TELUK SEREWE, LOMBOK TIMUR, NUSA TENGGARA BARAT

Petrus Rani Pong-Masak, Anang Hari Kristanto, Irsyaphiani Insan, Endhay Kusnendar

Abstract


Rumput Laut Kappaphycus alvarezii merupakan salah satu komoditas perikanan yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Tujuan penelitian ini adalah menyajikan informasi tentang peningkatan produktivitas dan keuntungan budidaya rumput laut Kappaphycus alvarezii dengan menggunakan bibit unggul hasil seleksi varietas di Teluk Serewe, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Tahapan kegiatan budidaya meliputi: pemilihan lokasi, persiapan sarana, penyediaan dan pemilihan stok induk, pengikatan bibit, pemeliharaan, perawatan, dan teknis seleksi bibit berkualitas unggul. Parameter yang diamati adalah pertumbuhan rumput laut dan produksi bibit unggul hasil seleksi di setiap siklus pemeliharaan. Berdasarkan pengamatan bahwa bibit hasil seleksi memperlihatkan respons pertumbuhan pada kisaran LPH 6,9%-8,8% dengan kriteria “unggul” yaitu LPH di atas 5% dan produksi bibit unggul hasil seleksi (G-4) untuk siap diperbanyak mencapai 2.418 kg. Hasil analisis usaha menunjukkan bahwa setiap pembudidaya memiliki keuntungan sebesar Rp 9.889.702,-/tahun dan BEP dapat dicapai pada tahun pertama, artinya pada tahun berikutnya memiliki keuntungan yang cukup besar. Dengan demikian, penerapan metode seleksi varietas sangat prospektif bagi peningkatan produksi hasil panen dan produksi bibit rumput laut unggul untuk pengembangan usaha budidaya yang berkelanjutan. Untuk pencapaian sasaran kegiatan ini perlu adanya pendampingan lanjut terhadap pembudidaya oleh instansi terkait untuk terus menggalakkan pengembangan kebun bibit rumput laut yang berkualitas/unggul.


Keywords


rumput Laut; budidaya; seleksi varietas; produksi bibit; Lombok Timur

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats