ANALISIS PENGARUH FAKTOR LINGKUNGAN BUDIDAYA TAMBAK TERHADAP PRODUKTIVITAS TAMBAK DI KECAMATAN TAYU KABUPATEN PATI PROVINSI JAWA TENGAH

Ruzkiah Asaf, Erna Ratnawati, Akhmad Mustafa

Abstract


Kabupaten Pati memiliki potensi perikanan yang besar, salah satunya adalah budidaya tambak yang masih dapat dikembangkan untuk menjadi salah satu komoditas perikanan unggulan. Kecamatan Tayu terdiri atas 21 desa dengan luas wilayah 56,042 km2 (5.604,28 ha) dari luas wilayah tersebut 125 ha adalah wilayah pertambakan. Namun adanya beberapa kendala yang masih dihadapi petambak dalam melakukan budidaya tambak yang memerlukan solusi untuk pemecahan. Faktor yang sangat berpengaruh terhadap produktivitas tambak adalah faktor lingkungan berupa kualitas tanah dan air. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor lingkungan terhadap produksi tambak di Kecamatan Tayu Kabupaten Pati. Teknik analisis yang diaplikasikan adalah analisis jalur dengan menerapkan model mediasi, model rekursif, dan model persamaan dua jalur. Sebagai peubah tidak bebas adalah peubah kualitas air dan produksi total tambak dan peubah bebas adalah peubah kualitas tanah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 13 peubah kualitas tanah ternyata hanya dua peubah yang memengaruhi produksi tambak yaitu: BOT dan Al, sedangkan dari 11 peubah kualitas air ternyata hanya dua peubah yang memengaruhi produksi tambak yaitu: BOT dan NO3. BOT tanah berpengaruh langsung sebesar 0,179 terhadap produksi, dan Al tanah berpengaruh sebesar 0,373 terhadap produksi. BOT air, dan NO3 air berpengaruh  langsung masing-masing 0,414 dan 0,350 terhadap produksi.


Keywords


faktor lingkungan; produksi; tambak; Kabupaten Pati

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats