PERBEDAAN LAJU PERTUMBUHAN KARANG Montipora digitata HASIL PROPAGASI PADA KEDALAMAN YANG BERBEDA DI PULAU AUR KABUPATEN PESISIR SELATAN, SUMATERA BARAT

Ofri Johan, Sri Cahyaningsih Herminawati

Abstract


Kegiatan budidaya atau propagasi karang sangat penting dilakukan untuk mendukung permintaan pasar karang hias sehingga tidak lagi mengandalkan ekploitasi dari alam. Pemilihan lokasi yang cocok dapat mendukung tingkat keberhasilan kegiatan propagasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan propagasi karang hias Montipora digitata pada kedalaman yang berbeda di Pulau Aur, Sumatera Barat. Penelitian menggunakan rangkaian kawat yang menghubungkan antar sembilan buah substrat yang ditempatkan pada dua kedalaman yang berbeda: 3 m dan 5 m. Parameter tingkat keberhasilan yang diamati adalah laju pertumbuhan tinggi (linear extention) dan pertambahan diameter. Hasil analisis data dengan menggunakan two-ways anova diperoleh bahwa tidak terdapat perbedaan pertumbuhan secara dimensi diameter baik perbedaan kedalaman maupun waktu pengamatan (P>0,05). Sementara data pertambahan panjang terdapat perbedaan pada waktu pengamatan yaitu antara bulan September dan bulan Desember. Karang Montipora digitata lebih cepat pertumbuhan panjang pada kedalaman 5 m di bulan Desember yang dicirikan dengan peningkatan salinitas.


Keywords


propagasi karang; Montipora digitata; perbedaan kedalaman

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats