PERTUMBUHAN RUMPUT LAUT Kappaphycus alvarezii, Eucheuma denticulatum, DAN Eucheuma striatum PADA BUDIDAYA LAUT BERBASIS INTEGRATED MULTI TROPHIC AQUACULTURE (IMTA) DI TELUK TOMINI, GORONTALO

Wiwin Kusuma P. Sari, Muslimin Muslimin, Nova Fransisca Simatupang

Abstract


Integrated Multi-Trophic Aquaculture (IMTA) adalah salah satu bentuk dari budidaya laut dengan memanfaatkan penyediaan pelayanan ekosistem oleh organisme trofik rendah yang disesuaikan sebagai mitigasi terhadap limbah dari organisme tingkat trofik tinggi. Kegiatan penelitian budidaya laut berbasis IMTA dilakukan di perairan Teluk Tomini, Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo dengan mengintegrasikan budidaya ikan kerapu sebagai organisme tingkat trofik tinggi dengan budidaya kerang dan rumput laut sebagai organisme tingkat trofik rendah di dalam satu kawasan budidaya laut. Ada tiga jenis rumput laut yang digunakan yakni Kappaphycus alvarezii, Eucheuma denticulatum, dan Eucheuma striatum. Ketiga jenis rumput laut dipelihara dengan sistem long-line dengan menggunakan tali bentangan sepanjang 35 m dan jarak antar rumpun 30 cm. Pemeliharaan rumput laut dilakukan selama satu siklus (45 hari) dengan sampling pertumbuhan setiap 15 hari untuk kemudian dilakukan perbandingan nilai laju pertumbuhan hariannya. Berdasarkan hasil sampling yang telah dilakukan, dua jenis rumput laut yakni E. denticulatum dan E. striatum mengalami peningkatan nilai laju pertumbuhan hariannya pada sampling hari ke-30 pemeliharaan, akan tetapi kemudian menurun setelahnya hingga sampling terakhir pada hari ke-45 pemeliharaan. E. denticulatum memiliki nilai laju pertumbuhan harian tertinggi sebesar 3,29 ± 0,50% sedangkan E. striatum memiliki nilai laju pertumbuhan harian tertinggi sebesar 2,82 ± 0,32%. Rumput laut jenis K. alvarezii menunjukkan laju pertumbuhan yang lebih rendah dibandingkan kedua jenis lainnya. Laju pertumbuhan harian tertinggi K. alvarezii selama penelitian ini tertinggi hanya sebesar 0,91 ± 0,40%. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kawasan budidaya laut berbasis IMTA di perairan Teluk Tomini, Gorontalo sangat cocok untuk pertumbuhan rumput laut jenis E. denticulatum.


Keywords


IMTA; pertumbuhan rumput laut; budidaya laut; Gorontalo

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats