KEPADATAN PAKAN ALAMI Chaetoceros sp. YANG OPTIMAL TERHADAP SINTASAN LARVA UDANG WINDU FASE ZOEA PADA UJI SKALA LABORATORIUM

Sahabuddin Sahabuddin, Agus Nawang, Andi Khaeriah

Abstract


Pakan alami yang optimal sangat menentukan keberhasilan sintasan dalam pembenihan di hatcheri karena berkaitan dengan kebutuhan nutrisi larva udang. Tujuan penelitian yakni mengkaji kepadatan optimal pakan alami Chaetoceros sp. terhadap tingkat sintasan larva udang Windu khususnya pada fase zoea (Z1-Z3). Penelitian skala laboratorium dilakukan dengan menggunakan media stoples yang diisi dengan air laut 2,5 liter kemudian memasukkan pakan alami Chaetoceros sp. dengan kepadatan yang berbeda, yang menjadi perlakuan dalam penelitian tersebut, yakni: a) kepadatan 50.000 sel/mL; b). kepadatan 75.000 sel/mL; c). kepadatan 100.000 sel/mL; d). kepadatan 125.000 sel/mL. Larva udang windu fase zoea dimasukkan sebanyak 30 ekor/wadah. Parameter biologi dan kualitas air yang diamati yakni; sintasan larva, kepadatan pakan alami, DO, pH, suhu, salinitas. Hasil penelitian didapatkan bahwa sintasan tertinggi yakni 63,66% pada kepadatan pakan alami 1 x 105 sel/mL dan sintasan larva terendah yakni 28,33% pada kepadatan pakan alami 1.25 x 105 sel/mL.


Keywords


pakan alami; Chaetoceros sp.; sintasan; fase zoea

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats