PENGARUH PENAMBAHAN BAKTERI PROBIOTIK DALAM PAKAN TERHADAP AKTIVITAS ENZIM PROTEASE PADA IKAN KERAPU HIBRID CANTIK (Epinephelus fuscoguttatus x Epinephelus polyphekadion)

Muhammad Marzuqi

Abstract


Ikan kerapu hibrid cantik (Epinephellus fuscoguttatus x Epinephelus polyphekadion) termasuk ikan karnivora yang memerlukan pakan dengan kadar protein tinggi untuk pertumbuhan. Metabolisme protein dapat dibantu dengan probiotik yang bertujuan meningkatkan aktivitas enzim protease di saluran pencernaan ikan kerapu hibrid cantik. Penelitian ini menggunakan probiotik bakteri Bacillus cereus yang dicampurkan ke dalam formulasi pakan. Pakan dibuat isoprotein dan isoenergi dengan kandungan protein 43% dan kandungan lemak 11%. Perlakuan pada percobaan ini adalah probiotik dalam pakan (A), dan tanpa probiotik dalam pakan (B). Sebanyak 300 ekor ikan kerapu hibrid cantik dengan bobot awal rata rata 7,3 ± 1,7 g dipelihara dalam enam bak polikarbonat bervolume 300 liter dengan kepadatan 50 ekor per bak selama 56 hari. Bak dilengkapi dengan sistem air mengalir dan aerasi. Pengambilan sampel untuk analisa aktivitas enzim protease dilakukan dengan cara ikan dipuasakan selama 24 jam kemudian untuk masing-masing perlakuan diambil secara acak 5 sampel ikan dalam kondisi lambung kosong. Kemudian perlakuan A dan B diberikan pakan secara ad-libitum. Setelah diberikan pakan masing-masing perlakuan diambil 5 sampel ikan sebagai sampel dalam jangka waktu 6 jam, 9 jam, 12 jam, dan 15 jam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas optimal enzim protease lambung terjadi saat sembilan jam setelah pemberian pakan dengan rata-rata aktivitas enzim lebih tinggi pada ikan yang diberikan probiotik dalam pakan, dan (2) aktivitas optimal enzim protease usus terjadi saat 12 jam setelah pemberian pakan dengan rata-rata aktivitas enzim lebih tinggi pada ikan yang diberikan probiotik dalam pakan.


Keywords


probiotik; aktivitas enzim protease; kerapu hibrid cantik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats