EFEKTIFITAS KARBON AKTIF Cocos nucifera L UNTUK MENINGKATKAN SINTASAN DAN PERTUMBUHAN BENIH IKAN CARDINAL TETRA (Paaracheirodon axelrodi)

Nurhidayat Nurhidayat, Toni Rudi Hartanto, Armen Nainggolan

Abstract


Kualitas air media yang rendah menyebabkan mortalitas tinggi pada larva ikan cardinal tetra. Apabila dibiarkan secara terus-menerus para pembudidaya akan mengalami kerugian yang besar. Pengelolaan air yang tepat diperlukan untuk memperbaiki kualitas air media, salah satu sistem yang digunakan adalah menggunakan filtrasi. Beberapa bahan yang dapat digunakan sebagai filter air salah satunya adalah karbon aktif tempurung kelapa. Karbon aktif mempunyai kemampuan sebagai filter untuk menjernihkan air, pemurnian gas, industri minuman, farmasi, katalisator, dan berbagai macam penggunaan lain. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas dosis karbon aktif tempurung kelapa terhadap  sintasan dan pertumbuhan ikan cardinal tetra. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL), dengan empat perlakuan dan tiga kali ulangan. Perlakuan dosis pemakaian karbon aktif tempurung kelapa yang digunakan adalah D0 (control), D1 3 g/L, D2 5 g/L, D3 7 g/L, dan D4 9 g/L. Ikan yang telah diketahui panjang dan bobot badannya pada awal penelitian ditebar pada akuarium sesuai perlakuan secara acak. Hasil yang didapatkan sintasan tertinggi pada perlakuan dosis 9 g/L sebesar 85,00% dengan pertambahan panjang mutlak 1,64 cm; pertambahan panjang harian sebesar 0,55 cm; pertambahan bobot 0,08 g; dan pertambahan panjang harian sebesar 0,003 g.


Keywords


Paaracheirodon axelrodi; karbon aktif; sintasan; pertumbuhan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats