PENDEDERAN BENIH IKAN TENGADAK (Barbonymus schwanefeldi) DENGAN PEMBERIAN PAKAN ALAMI, PAKAN BUATAN, DAN KOMBINASINYA DI KOLAM

Ani Widiyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh jenis pakan yang tepat (pakan alami,pakan buatan serta kombinasinya) pada pendederan benih  ikan tengadak (Barbonymus schwanefeldi) di kolam. Penelitian dilakukan di kolam percobaan Balai Budidaya Ikan Anjungan Kabupaten Pontianak, Kalimantan Tengah. Rancangan percobaan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuannya adalah 100% pakan alami, 100% pakan buatan, dan 50% pakan alami + 50% pakan buatan. Untuk menumbuhkan pakan alami, kolam dipupuk kotoran ayam 500 g/m2, TSP dan urea masing masing 5 g/m2. Pemupukan susulan dilakukan setiap 12 hari dengan dosis 30% dari pupuk awal. Satu kolam tidak dipupuk untuk penempatan perlakuan 100% pakan buatan. Pakan yang diberikan berbentuk tepung yang mengandung 31% protein. Wadah pemeliharaan benih tengadak umur 2 minggu berupa hapa 4,0 m x 2,0 m x 1,5 m yang ditempatkan pada 3 buah/kolam. Ikan uji dipelihara dalam hapa dengan kepadatan 500 ekor/m2 selama 8 minggu. Pakan buatan diberikan sebanyak 20% dari bobot tubuh per hari yang dibagi 3 kali pemberian. Hasil penelitian memperlihatkan perlakuan pemberian kombinasi 50% pakan alami dan 50% pakan buatan menghasilkan sintasan 80,75% dan laju pertumbuhan spesifik bobot tertinggi yaitu 3,89%. Perlakuan pemberian pakan alami saja menghasilkan pertumbuhan panjang mutlak tertinggi  yaitu 2,8±0,23 cm .


Keywords


tengadak, pakan alami; pakan buatan; sintasan; pertumbuhan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats