KUALITAS AIR PADA PEMELIHARAAN UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei)

Made Suastika

Abstract


Udang merupakan komoditi perikanan yang memiliki harga jual tinggi dibandingkan dengan komoditas lainnya. Salah satu diantaranya udang putih dari jenisLitopenaeus vannameiyang mulai dikembangkan untuk mendorong usaha perikanan dan menambah pendapatan devisa Negara. Salah satu mata rantai yang berkaitan erat dengan pembenihan yang berkelanjutan adalah mengenai produksi induk udang yang berkualitas dan dalam jumlah yang memadai. Dalam pemeliharaan membutuhkan waktu yang lama, bagian dari proses pemeliharaan meliputi pemantauan lingkungan kualitas air. Penjagaan mutu kualitas air diperlukan guna mengantisipasi kemungkinan buruk yang
terjadi selain karena penyakit. Pengamatan dilakukan setiap hari pada masing masing lokasi pemeliharaan, nilai hasil pemantauan digunakan sebagai data pemeliharaan.Dari hasil pemantauan bulan Januari-April 2013 terlihat rata rata kandungan oksigen terlarut 4 mg/L, dan perubahan pH 7- 8 , kadar garam (salinitas) 30- 35 ppt, dan kisaran suhu air pemeliharaan antara 28,83-30ºC.


Keywords


keragaan pemeliharaan, kualitas air, udang vaname

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats