INTENSIFIKASI UDANG GALAH

Kesit Tisna Wibowo, Sarifin Sarifin, Haryo Sutomo

Abstract


Saat ini, pembudidaya udang galah berkembang sangat pesat dan masih menggunakan sistem budidaya konvensional, seiring dengan kebutuhan pasar dan kurangnya lahan budidaya sudah semestinya intensifikasi udang galah mulai dikembangkan. Intensifikasi udang galah ini bertujuan untuk meningkatkan produksi udang galah dalam upaya memenuhi kebutuhan pasar nasional yang sangat besar, yaitu mencapai 30-50t on/bulan. Kegiatan intensifikasi, dilakukan dengan penambahan kincir pada kolam terpal, parameter yang diukur meliputi SR, FCR, dan parameter kualitas air. Hasil dari kegiatan intensifikasi ini menunjukkan bahwa budidaya udang galah intensif menggunakan kolam terpal, sangat layak untuk dikembangkan, hal tersebut terlihat dari SR yang didapatkan bisa mencapai hingga di atas 70%. Dengan kepadatan 50 ekor/m2 laju
pertumbuhan berkisar 1,22% di mana konversi pakan (FCR) masih dalam kisaran yang normal dan secara keekonomian sangat menguntungkan, yaitu dalam kisaran 1:2. Kualitas air selama budidaya yaitu suhu berkisar 23,5C–32C; DO 3,62–5,59 mg/L; ammonia 0,1–0,36 mg/L; dan NO2 0,033–0,065 mg/L.


Keywords


udang galah, pola intensifikasi, kincir

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats